Status Akreditasi UNJ dan Semua Program Studinya

Akreditasi UNJ dan Semua Program Studinya.

Akreditasi UNJ dan Semua Program Studinya. (Sumber foto: www.bemjmatematikaunj.org)

Masih ragu pilih UNJ?

Mungkin dengan melihat status akreditasinya, kamu menjadi lebih yakin dalam memilih jurusan di UNJ.

Bukan cuma data akreditasi UNJ terbaru, di artikel berikut kamu juga bisa pelajari seluk-beluk akreditasi, seperti pengertiannya, cara mendapatkannya, faktor-faktor yang mempengaruhinya dan apa saja nilai akreditasi tersebut.

 

Apa sih akreditasi?

Akreditasi adalah parameter kualitas sebuah lembaga pendidikan yang ditentukan oleh pemerintah. Tujuan adanya akreditasi adalah melindungi masyarakat dari tindak penipuan di ranah lembaga pendidikan. Sedangkan bagi penyelenggara pendidikan, akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai parameter saat melakukan transfer kredit perguruan tinggi, penerimaan dana bantuan atau untuk mendapat pengakuan dari institusi lainnya. Selain itu, akreditasi dapat memotivasi lembaga pendidikan untuk meningkatkan/mempertahankan kualitasnya.

 

Bagaimana cara mendapatkan akreditasi?

Untuk mendapatkan akreditasi, sebuah lembaga pendidikan harus melewati proses penilaian yang dilakukan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Prosesnya dimulai dari external peer review, menjawab pertanyaan dari asesor hingga akhirnya site visit untuk validasi data.

Perlu diketahui bahwa nilai akreditasi memiliki masa berlaku. Dengan begitu, kualitas dari sebuah lembaga pendidikan dapat dipantau secara berkala.

 

Apa saja yang mempengaruhi nilai akreditasi?

Setidaknya ada lima hal yang mempengaruhi nilai akreditasi sebuah program studi, yaitu:

  1. Jumlah tenaga pengajar
  2. Kurikulum setiap program studi
  3. Kordinasi pelaksanaan pendidikan, termasuk fasilitasnya
  4. Kesiapan administrasi, kepegawaian, keuangan dan lain-lain
  5. Kondisi mahasiswa

 

Seperti apa hasil penilaian akreditasi?

Setelah sebuah lembaga pendidikan melewati proses penilian, BAN-PT akan mengeluarkan nilai 0–100 dengan klasifikasi sebagai berikut:

  • Akreditasi A (Amat Baik), dengan nilai 86–100
  • Akreditasi B (Baik), dengan nilai 71–85
  • Akreditasi C (Cukup), dengan nilai 56–70

Jika BAN-PT mengeluarkan nilai di bawah 56 maka lembaga pendidikan tersebut dinyatakan “tidak terakreditasi” sehingga tidak berhak mengeluarkan ijazah yang diakui negara.

 

Apa akreditasi UNJ?

Akreditasi Universitas Negeri Jakarta adalah “A” oleh BAN-PT, berdasarkan Surat Keputusan 763/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2015 yang berlaku hingga 10 Juli 2020.

Sebagian besar akreditasi jurusan di UNJ adalah B dan beberapa telah diakreditasi peringkat A, misalnya Sastra Indonesia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Tata Busana, Ilmu Keolahragaan dan D3 Manajemen Pemasaran.

 

Berikut seluruh data terbaru akreditasi jurusan di Universitas Negeri Jakarta:

No Program Studi Jenjang Akreditasi Berlaku hingga
1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) D3 B May 13, 2016
2 Akuntansi D3 B December 8, 2016
3 Hubungan Masyarakat D3 B December 27, 2021
4 Manajemen Pemasaran D3 A June 1, 2017
5 Sekretari D3 B June 1, 2017
6 Tata Boga D3 B September 11, 2018
7 Tata Busana D3 B September 1, 2019
8 Tata Rias D3 A September 11, 2018
9 Teknik Elektronika D3 B October 31, 2020
10 Teknik Mesin D3 B October 26, 2018
11 Teknik Sipil D3 B October 31, 2020
12 Transportasi D3 C March 9, 2020
13 Usaha Jasa Pariwisata D3 B May 7, 2017
14 PPG Pendidikan Guru Sekolah Dasar Profesi B March 2, 2017
15 Akuntansi S1 B February 21, 2020
16 Bimbingan dan Konseling S1 B January 31, 2018
17 Biologi S1 A September 11, 2018
18 Fisika S1 B October 19, 2018
19 Ilmu Agama Islam S1 B June 29, 2017
20 Ilmu Keolahragaan S1 A August 15, 2017
21 Kimia S1 A October 26, 2018
22 Manajemen S1 B September 19, 2019
23 Manajemen Pendidikan S1 A July 2, 2018
24 Matematika S1 B October 19, 2018
25 Pendidikan Bahasa Arab S1 A December 29, 2020
26 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 A July 11, 2019
27 Pendidikan Bahasa Inggris S1 B November 14, 2020
28 Pendidikan Bahasa Jepang S1 B Oktober 6, 2021
29 Pendidikan Bahasa Jerman S1 B November 20, 2020
30 Pendidikan Bahasa Perancis S1 B January 24, 2020
31 Pendidikan Biologi S1 B June 17, 2016
32 Pendidikan Ekonomi S1 A November 14, 2019
33 Pendidikan Fisika S1 B November 28, 2020
34 Pendidikan Geografi S1 A October 31, 2020
35 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 B January 31, 2018
36 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1 B May 13, 2016
37 Pendidikan IPS S1 B November 7, 2019
38 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi S1 A August 15, 2017
39 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga S1 A Desember 1, 2021
40 Pendidikan Kimia S1 A December 19, 2020
41 Pendidikan Luar Biasa S1 B October 1, 2018
42 Pendidikan Luar Sekolah S1 B August 24, 2018
43 Pendidikan Matematika S1 A July 21, 2016
44 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1 B December 9, 2020
45 Pendidikan Sejarah S1 A December 14, 2019
46 Pendidikan Seni Musik S1 B August 10, 2015
47 Pendidikan Seni Rupa S1 B October 28, 2016
48 Pendidikan Sosiologi S1 B December 7, 2017
49 Pendidikan Tata Boga S1 A September 23, 2016
50 Pendidikan Tata Busana S1 A October 21, 2016
51 Pendidikan Tata Niaga S1 B September 1, 2019
52 Pendidikan Tata Rias S1 A September 29, 2016
53 Pendidikan Teknik Bangunan S1 B August 29, 2020
54 Pendidikan Teknik Elektro S1 B October 31, 2020
55 Pendidikan Teknik Elektronika S1 B November 22, 2018
56 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer S1 C June 18, 2019
57 Pendidikan Teknik Mesin S1 B November 14, 2020
58 Pendidkan Kepelatihan Olahraga S1 A August 15, 2017
59 Psikologi S1 B April 1, 2018
60 Sastra Indonesia S1 A January 31, 2020
61 Sastra Inggris S1 B August 29, 2020
62 Seni Tari S1 B August 10, 2015
63 Sistem Komputer S1 C December 28, 2019
64 Sosiologi S1 B July 27, 2017
65 Teknologi Pendidikan S1 A March 9, 2020
66 Administrasi Pendidikan S2 B November 22, 2018
67 Linguistik Terapan S2 B July 10, 2016
68 Manajemen S2 B October 26, 2018
69 Manajemen Lingkungan S2 B August 30, 2018
70 Pendidikan Anak Usia Dini S2 B January 13, 2017
71 Pendidikan Bahasa S2 B September 23, 2016
72 Pendidikan Bahasa Inggris S2 C November 14, 2019
73 Pendidikan Biologi S2 C June 18, 2019
74 Pendidikan Dasar S2 B September 23, 2016
75 Pendidikan Fisika S2 B June 18, 2019
76 Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup S2 A June 1, 2017
77 Pendidikan Kimia S2 C July 18, 2019
78 Pendidikan Matematika S2 C August 8, 2019
79 Pendidikan Olah Raga S2 A October 21, 2016
80 Pendidikan Sejarah S2 B September 6, 2016
81 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan S2 B January 16, 2020
82 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 B January 12, 2016
83 Teknologi Pendidikan S2 B June 17, 2016
84 Ilmu Pendidikan Bahasa S3 B November 14, 2019
85 Manajemen Pendidikan S3 A January 24, 2020
86 Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup S3 B May 16, 2017
87 Pendidikan Olahraga S3 A September 1, 2020
88 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S3 B September 29, 2016
89 Teknologi Pendidikan S3 B May 30, 2020

Info penting lainnya:


54 Responses

  1. zikra annisa says:

    Assalamu’alaikum..
    Mau tnya, jurusan bahasa arab cuma ada pendidikan bahasa arabnya aja ya? Kalo sastra arab engga ada?
    Trimaksih, wassalam..

  2. Irsal says:

    Prodi S3 Ilmu Manajeman dan S2 Bimbingan Konseling belum dimasukkan

    • Editor Kampus UNJ Editor Kampus UNJ says:

      Mungkin kedua program studi tersebut belum terakreditasi, karena tabel di atas adalah yang tertera di situs resmi BAN-PT.

  3. Fzn says:

    Kok prodi saya ‘konsentrasi kepelatihan olahraga’ gak tercantum ya?

    • Editor Kampus UNJ Editor Kampus UNJ says:

      Konsentrasi Kepelatihan Olahraga berada dalam Program Studi Ilmu Keolahragaan yang memiliki akreditasi A.

  4. Hr says:

    manajemen pendidikan s2 gk tercantum?

    • Editor Kampus UNJ Editor Kampus UNJ says:

      Di dalam tabel BAN-PT tidak mencantumkan S2 Manajemen Pendidikan.

      • GL says:

        Manajemen Pendidikan S2 itu nomenklaturnya Administrasi Pendidikan..
        Administrasi pendidikan/Manajemen Pendidikan S2 itu nilai akreditasinya B..

        Saya Alumnus Adm. Pend/Manaj. Pendidikan S1

  5. Putri says:

    Assalamualaikum, ka mau tanya kalau dari pengalaman sebelumnya mahasiswa unj yg sudah lulus dari jurusan pkk itu mayoritas kerja nya apa ya?
    Dan ngaruh banget engga untuk pekerjaan dgn Akreditasi Pkk yg masih C ?? Mohon jawaban nya ya ka .. Terimakasih

    • Editor Kampus UNJ Editor Kampus UNJ says:

      Akreditasi program studi tidak mempengaruhi kesempatan karir lulusannya. Nilai akreditasi menunjukkan 5 parameter yang dijelaskan di atas.

  6. mocca says:

    halo kak.. untuk bimbingan konseling itu termasuk jurusan ipa atau ips yah? terus psikologi nya ips kah? terimakasih

  7. Yulita Valentina says:

    Kak Psikologi Spsi atau masuk di Spd ya?

  8. Zulvia Misykah says:

    Kak kalau akreditasi UNJ, sendiri apa kak?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Universitas Negeri Jakarta memiliki akreditasi peringkat A yang berlaku hingga Tahun 2020.

  9. Maaf kak, sebagian akreditasi Jurusannya udah kadaluarsa ya,,, kapan di update lg ?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Hingga saat ini, kami belum mendapat informasi terbaru terkait akreditasi yang telah kadaluarsa tersebut. Kami akan update halaman ini setelah mendapat informasi terbaru dari BAN-PT.

  10. Agata Christi says:

    tata boga itu gelarnya apa ya?

  11. Anisa says:

    Pagi kaa jurusan transportasi itu untuk ipa atau ips ya? Terimakasih

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Menurut seleksi SNMPTN & SBMPTN, program Studi D3 Transportasi termasuk dalam kategori Soshum (IPS).

  12. yenita says:

    Harap Info, untuk S3 Ilmu manajemen sumber daya manusia, akreditasinya bagaimana

  13. Mino says:

    Mau tanya, bagaimana alur untuk membuat surat keterangan akreditasi prodi untuk keperluan melamar pekerjaan?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Mohon tanyakan langsung ke gedung jurusanmu atau ke bagian kemahasiswaan di Gedung BAAK UNJ.

  14. singgih says:

    Ka mau tanya ni, kalau S 1 sarjana ekonomi,trus ngelanjutin lagi ke S 2 nya Magister pendidikan bisa gk.

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Bisa. Mahasiswa baru Pascasarjana UNJ diseleksi melalui ujian tersendiri, dan tidak mensyaratkan gelar tertentu dari jenjang pendidikan sebelumnya.

  15. Venny says:

    Kak mau tanya, kelas non-reguler itu kelas karyawan kak? Apa ada kelas karyawan untuk S2 pend.bahasa inggris? Terimakasih:)

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      UNJ tidak memiliki kelas karyawan. Kelas non-reguler sama dengan kelas reguler lainnya. Untuk informasi Pascasarjana UNJ, bisa dilihat di kampusunj.com/program-pascasarjana-unj/

  16. Fira says:

    Assalamu’alaikum kak mau nanya, daya tampung mahasiswa baru fakultas ekonomi thn 2017 berapa kak? makasih

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Biasanya informasi daya tampung penerimaan mahasiswa baru UNJ diumumkan saat masa pendaftaran dimulai.

  17. adit says:

    untuk mendapatkan copy an sertifikat ban – pt bisa di urus/minta kemana ( bagin kampus)?? , saya udah ngurus ke ban pt katanya g ada arsip nya?? trims

  18. Monica says:

    Akreditas jurusan d3 hub masyarakat sekarang apa ya?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Terhitung Desember 2016, akreditasi program studi Hubungan Masyarakat UNJ telah naik menjadi “B” dan berlaku hingga 27 Desember 2021.

  19. tami says:

    Ka mau nanya apakah kalau akredotas prodi nya A dan kuliah unj yg A masih bisa gk menerima sklh Yang Berakreditasi B lewat snmptn ,apakah ini pengaruh jg ka?

  20. rzkyantoo says:

    Pendidikan Bahasa Jepang masih C akreditasnya?

  21. satria says:

    Jurusan manajemen transportasi apa di UNJ ada?

  22. Grace says:

    Kak mau nanya itu gmn y kak kalau mau kuliah di pendidikan matemtika nya?? Dosenny mau gk kk ngasih nilai bgus?? Atau banyakkh dosen yg killer kak disana??

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Untuk dapat kuliah di UNJ, silakan ikuti seleksi SNMPTN/SBMPTN/PENMABA. Setiap dosen dituntut memberi nilai secara objektif sesuai hasil ujian mahasiswa.

  23. Ka, daya tampung di sistem komputer berapa ya?

  24. ExKagii- says:

    Sore Editor UNJ,, Saya mau nanya..
    saya SMA Jurusan IPS, tapi ingin masuk Teknik Komputer atau Sastra Inggris bisa ga ya??

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Bisa. Kamu dapat memilih jurusan apapun di SBMPTN/PENMABA, karena materi ujian seleksi disesuaikan dengan jurusan yang dipilih.

  25. indriani says:

    apakah pendidikan teknik bangunan itu sama seperti teknik arsitektur atau lebih ke teorinya saja untuk menjadi pengajar/guru?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Untuk dapat membandingkan materi ajar di tiap jurusan, silakan cek website jurusan ft.unj.ac.id

  26. aulia says:

    kak saya mau nanya pendidikan guru anak usia dini sama pendidikan anak usia dini bedanya apa ya?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-PAUD) dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah sama. Terima kasih untuk koreksinya.

  1. 21/05/2016

    […] Baca juga: Status Akreditasi Seluruh Program Studi di UNJ. […]

Apa komentarmu?