Belajar Bahasa Inggris Lebih Efektif Dengan Metode Berikut

metode belajar bahasa inggris

Belajar Bahasa Inggris Lebih Efektif Dengan Metode Berikut.

Sering lupa grammar Bahasa Inggris?

Kursus sana-sini tapi belum lancar Bahasa Inggris?

Cobalah belajar lewat aplikasi smartphone. Namun bukan kamus online, tetapi aplikasi yang memang dibuat khusus untuk belajar Bahasa Inggris.

Contohnya, Memrise, aplikasi dengan metode belajar SRS (Spaced Repetition System) yang berdasarkan penelitian bisa meningkatkan daya ingat untuk belajar bahasa atau kosakata baru.

Tim Editor KampusUNJ.com telah mengelompokkan berbagai aplikasi belajar bahasa Inggris serupa berdasarkan manfaat/tujuannya:

 

Menambah kosakata Bahasa Inggris

Aplikasi gratis yang terkenal dan berguna untuk menambah kosakata Bahasa Inggris:

 

1. Duolingo

Hanya Duolingo yang menggunakan Bahasa Indonesia di aplikasinya. Duolingo memiliki metode belajar dalam bentuk kuis singkat; pilihan ganda, esai dan pertanyaan lisan. Ada sekitar lima tingkatan kuis yang tersedia dan hanya bisa dimainkan secara berurutan, layaknya sebuah permainan.

Aplikasi Duolingo tersedia gratis untuk Android, iPhone/iPad dan Windows Phone. Duolingo juga bisa diakses melalui situsnya.

 

2. Memrise

Metode belajar yang dipakai Memrise seperti guru di kelas yang menggunakan flashcard, namun lebih efisien. Mengapa? Sebab, kita sendiri yang mengatur tempo belajar serta bisa diakses melalui smartphone atau laptop/komputer. Bahkan, proses belajar bisa dilakukan tanpa internet jika mendaftar Memrise Pro.

Aplikasi Memrise tersedia gratis untuk Android dan iPhone/iPad.

 

3. Busuu

Dua keunggulan aplikasi Bussu ketimbang Memrise: Materi belajar tetap bisa diakses tanpa koneksi internet dan dapat berinteraksi dengan pengguna lain (native speaker). Namun, materi yang tersedia gratis di Bussu hanya ada di tingkat basic sehingga kita perlu membayar untuk bisa mengakses materi belajar tingkat intermediate dan advanced. Walaupun begitu, materi dasarnya

Aplikasi Bussu bisa diunduh gratis ke Android dan iPhone/iPad.

 

Belajar grammar Bahasa Inggris

Rekomendasi aplikasi yang cocok untuk belajar grammar Bahasa Inggris:

 

1. LearnEnglish Grammar (UK Edition)

LearnEnglish Grammar (UK Edition) adalah aplikasi buatan British Council, yang dirancang berdasarkan Common European Framework of Reference (CEFR) sehingga sesuai dengan percakapan sehari-hari di Eropa. Ada tiga tingkat materi belajar: Elementary, Intermediate dan Advanced. Di setiap tingkat memiliki empat materi gratis dari puluhan lainnya yang bisa dipelajari dalam bentuk kuis.

Aplikasi LearnEnglish Grammar (UK Edition) tersedia gratis untuk Android, iPhone/iPad dan Windows Phone.

 

2. Learn English with Johnny Grammar’s Word Challenge

Berbeda dengan LearnEnglish Grammar, aplikasi ini menampilkan permainan edukatif berupa kuis dengan tiga topik pertanyaan: Grammar, Words dan Spelling. Yang menarik, skor permainan kita bisa muncul di papan skor internasional.

Aplikasi Learn English with Johnny Grammar’s Word Challenge tersedia gratis untuk Android dan iPhone/iPad.

 

Memperlancar listening Bahasa Inggris

Belajar listening memang bisa melalui film atau lagu, tetapi media itu bukan dibuat untuk belajar Bahasa Inggris.

Lebih tepat belajar listening sekaligus pronunciation melalui situs belajar online atau kanal Youtube berikut:

 

1. Elemental English

elemental english

Elemental English.

Elemental English dipandu oleh Larissa, wanita lulusan Magister Linguistik yang merupakan native speaker asal New York, Amerika. Kita bisa belajar teori praktis Bahasa Inggris dengan pronunciation yang tak terlalu cepat dan mudah dimengerti. Walaupun kanal Youtube ini sudah lama tidak diperbarui tetapi materi videonya masih sangat relevan dan bermanfaat.

Subscribe kanal Youtube Elemental English.

 

2. EnglishLessons4U – Learn English with Ronnie! [engVid]

EnglishLessons4U

EnglishLessons4U – Learn English with Ronnie! [engVid].

Jika tempo pronunciation Elemental English terlalu lambat, berarti kamu lebih cocok belajar di EnglishLessons4U. Di kanal Youtube ini, kita seakan belajar di dalam kelas dengan guru wanita bernama Ronnie. Yang menarik, topik pembahasannya bukan cuma grammar, tetapi juga hal umum seperti wawancara kerja Bahasa Inggris.

Subcribe kanal Youtube EnglishLessons4U.

 

Punya rekomendasi aplikasi belajar Bahasa Inggris? Tulis di kolom komentar.

Jika artikel ini menginspirasimu, jangan simpan sendiri, sebarkan ke orang lain, kemudian jadilah pembaca VIP KampusUNJ.com dengan memasukkan email-mu:

Pembaca VIP mendapat konten terbaru lebih cepat

1 Response

  1. Avatar Alda says:

    mantap juga nih buat belajar bahasa Inggris

Apa komentarmu?