Cara Jitu Lolos SNMPTN

Kegembiraan lulus Ujian Nasional memang pantas dirayakan tapi jangan sampai terlupa masih ada ujian berikutnya, khususnya untuk kamu yang berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Apalagi jika kamu berniat keras kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka wajib hukumnya mempersiapkan fisik dan mental agar lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Selain belajar dengan tekun untuk menjawab soal di SNMPTN, kamu pun harus mempersiapkan hal lain diluar mata pelajaran. Karena kegagalan yang sering terjadi biasanya karena hal sepele yang tak pernah diperkirakan sebelumnya. Berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti untuk lolos ke kampus favoritmu:

 

1. Menentukan Sendiri Kampus & Jurusan

Tak sedikit lho diantara kita yang masih bingung memilih kampus dan jurusan, atau yang hanya mengikuti keinginan orang tua, bahkan sekedar ikut-ikutan teman dekat waktu SMA. Padahal kita sendirilah yang akan menjalankan kuliah nanti. Dengan menentukan kampus & jurusan adalah langkah pertama meraih kesuksesan. Jangan sampai kita menjalankan kuliah yang tidak kita sukai, karena akhirnya pasti tidak akan menyenangkan.

 

2. Mengikuti Jadwal dan Proses SNMPTN

Penting untuk mencatat dan mengikuti jadwal serta proses SNMPTN, jangan sampai kamu tertinggal informasi jadwal pendaftaran atau berkas yang harus dikumpulkan. Pantau informasi SNMPTN langsung di www.snmptn.ac.id dan follow akun informasi kampus, misalnya @KampusUNJ.

 

3. Menentukan Target Kelulusan

Terdengar sepele tapi cukup penting, menentukan target artinya memberikan motivasi sehingga kita tahu kemana arah perjuangan selama SNMPTN. Tiap fakultas/jurusan sebuah perguruan tinggi negeri mempunyai batas minimal nilai kelulusan yang terus naik tiap tahunnya. Dengan mengetahui batas nilai tersebut maka kita punya patokan nilai yang harus dicapai. Jika UNJ adalah targetmu, silakan pelajari batas nilai kelulusannya.

 

4. Fokus dan Berusaha Keras

Tidak ada kebetulan di dunia ini, karena semua ada sebab dan akibatnya. Termasuk juga untuk lolos SNMPTN. Kita perlu berusaha keras untuk lolos SNMPTN dengan belajar berlatih soal dan berdoa.

 

5. Menjaga Kesehatan Badan

Sering kali kita meremehkan kesehatan badan dan lebih fokus untuk belajar, padahal tanpa badan yang fit kita tidak akan maksimal saat mengerjakan soal SNMPTN. Perbanyak olahraga, makan teratur dan istirahat cukup sebelum masuk masa ujian SNMPTN.

 

Setelah semua telah dilakukan dengan sungguh-sungguh selanjutnya kita serahkan kepada Tuhan. Tapi ingatlah untuk tetap bersyukur atas apa yang kita dapat nantinya karena tidak lolos SNMPTN bukanlah akhir dari segalanya. Jangan cemas walau tidak kuliah di perguruan tinggi negeri karena kampus negeri tak menjamin kesuksesan seseorang. Bukan dimana kita kuliah, tapi bagaimana kita menjalani kuliah.

 

Apa tips lolos SNMPTN versi kamu?

Info penting lainnya:


Apa komentarmu?