Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris Lamaran Kerja

contoh curriculum vitae bahasa inggris

Contoh curriculum vitae bahasa Inggris untuk melamar kerja

Curriculum vitae (atau daftar riwayat hidup) dalam bahasa Inggris adalah surat wajib untuk melamar kerja.

Apalagi sejak akhir tahun 2015, ada kebijakan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang memudahkan orang di ASEAN untuk bekerja lintas negara.

Untuk menghadapi itu, kamu harus lebih kreatif dalam mendesain curriculum vitae dan tahu seperti apa contoh CV bahasa Inggris yang baik dan formal untuk melamar kerja.

 

 

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Contoh Curriculum Vitae Ahok

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris milik Ahok.

 

Template Tradisional CV Bahasa Inggris

Template Tradisional CV Bahasa Inggris. (Sumber: hloom.com)

 

Template Minimalis curriculum vitae bahasa Inggris

Template Modern Minimalis curriculum vitae Bahasa Inggris. (Sumber: uiconstock.com)

 

Download Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Butuh template contoh curriculum vitae bahasa Inggris yang bisa di-edit di Microsoft Word? Silakan download gratis tiga template CV berikut ini:

 

Perbedaan Curriculum Vitae Bahasa Inggris dengan CV Bahasa Indonesia

Secara isi, curriculum vitae bahasa Inggris tidak memiliki perbedaan dibandingkan dengan CV Bahasa Indonesia. Kedua bentuk CV tetap harus memuat informasi yang terdiri dari:

1. Personal information

Personal information atau informasi pribadi berisi data diri secara umum seperti nama, alamat tinggal plus email, dan kontak yang bisa dihubungi. Jangan sampai salah menulis nomor telepon yang bisa dihubungi, ya. Kan sayang kalau tim Human Resource Development (HRD) sudah tertarik untuk melakukan wawancara tapi ternyata tidak bisa menghubungimu.

 

2. Education background

Riwayat pendidikan tidak harus berisi jejak pendidikanmu sejak di tingkat Taman Kanak-kanak. Cukup cantumkan satu atau dua yang terakhir saja. Menuliskannya pun perlu teknik tertentu. Sebaiknya menulis pendidikan terakhir di urutan paling atas, karena tidak ada jaminan HRD akan membaca CV-mu sampai akhir.

 

3. Work experience

Jangan bersedih karena merasa sebagai fresh graduate tidak memiliki banyak pengalaman kerja. Ada cara lain untuk membuatmu terkesan berpengalaman, yaitu menulis pengalaman kegiatanmu di Himpunan Mahasiswa atau kepanitiaan acara kampus.

Kegiatan di luar kampus pun bisa dicantumkan. Jika aktif di kegiatan sukarela untuk komunitas tertentu, jangan sungkan menceritakannya. Yang penting, kegiatan yang telah dilakukan bisa menunjukkan bahwa kita mampu bekerjasama dengan baik di dalam tim.

 

4. Interest and hobby

Buat daftar yang berisi hobi dan minatmu selama ini. Selanjutnya, pilih hobi apa yang sekiranya bisa mendukung kemampuanmu di bidang pekerjaan yang akan kamu geluti nantinya. Jangan menulis hobi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu, misalnya tidur atau mendengarkan musik.

 

5. Skill and achievement

Skill yang dicantumkan harus mendukung pekerjaanmu nantinya. Cantumkan juga daftar penghargaan, prestasi, perlombaan atau beasiswa yang pernah kamu dapatkan.

 

Kesalahan dalam menulis Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Sebelum mulai menulis dari contoh curriculum vitae bahasa Inggris di atas, sebaiknya kita tahu kesalahan apa saja yang umum dilakukan oleh para pencari kerja. Hal ini untuk menghindarkanmu dari rasa menyesal karena sekali CV terkirim, kita tidak bisa menariknya kembali.

Berikut tiga kesalahan menulis CV Bahasa Inggris yang paling sering dilakukan:

1. Typo

Menulis bukan dalam bahasa ibu memang seringkali terjadi kesalahan tak terduga, salah satunya adalah typo atau salah ketik. Jika terjadi typo dalam Bahasa Inggris, bukan tak mungkin informasi yang disampaikan akan ditafsirkan sangat berbeda oleh HRD. Ini dikarenakan sebagian kata dalam Bahasa Inggris bisa memiliki arti yang sangat berbeda hanya dengan mengubah satu hurufnya.

 

2. Salah grammar

Kesalahan lain yang terjadi jika menulis bukan dalam bahasa ibu adalah salah grammar atau tata bahasa. Salah grammar bisa membuatmu langsung dicoret dari daftar kandidat terpilih karena dianggap kurang teliti sebelum mengirimkan CV.

Lakukan konsultasi pada teman atau siapa saja yang kamu percaya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Minta mereka melakukan review pada CV-mu sebelum mengirimnya ke HRD.

 

3. Terlalu banyak informasi pribadi

Tidak semua informasi pribadi harus ditulis. Menuliskan informasi berbau rasis seperti agama dan suku bisa membuat perusahaan berpikir dua kali sebelum merekrutmu. Hal ini dikarenakan mereka merasa kamu meragukan kemampuan mereka menyaring kandidat pekerja.

 

Tips menulis Curriculum Vitae Bahasa Inggris

  1. Selalu melakukan pengecekan secara berulang pada curriculum vitae dan surat lamaran kerja agar tidak terjadi kesalahan ketik dan tata bahasa.
  2. Cantumkan alamat email yang sopan dan normal. Jangan gunakan alamat email dengan nama kurang pantas atau tidak berkesan profesional seperti budiey1990@gmail.com. Email semacam itu sebaiknya digunakan untuk hal selain pekerjaan dan akun sosial media saja.
  3. Cover letter atau surat lamaran sebaiknya ditulis di body email, bukan dilampirkan dengan format .doc karena HRD tidak akan merepotkan dirinya sendiri untuk mendownload surat lamaranmu.
  4. Sebaiknya CV Bahasa Inggris dikemas dalam format PDF karena format ini tidak akan mengubah tampilan CV-mu. Karena kalau dikirim dengan format .doc, tampilan CV-mu bisa berbeda saat HRD membukanya dengan versi Microsoft Word yang berbeda.
  5. Setelah CV terkirim, bersiaplah mendapatkan undangan wawancara baik datang secara langsung ke perusahaannya atau melalui video call.
  6. Setelah melakukan wawancara kerja, kamu bisa mengirimkan follow up atau thank you letter yang berisi ucapan terima kasih. Dalam surat ini, sampaikan hal-hal yang sebelumnya terlupakan saat wawancara berlangsung. Dengan mengirimkan surat semacam ini, HRD tahu bahwa kita benar-benar tertarik untuk bergabung dengan perusahaannya.

 

Bagaimana jika dipanggil wawancara?

Jika dipanggil wawancara, persiapkan mental dan fisik. Memasuki dunia kerja berarti kita harus siap berhadapan dengan rekan kerja secara profesional nantinya.

Pada beberapa perusahaan, sesi wawancara dengan HRD saja tidak cukup. Umumnya, ada seleksi berupa Focus Discussion Group (FGD). Seleksi ini bertujuan untuk melihat kemampuanmu bersosialisasi. Dari FGD pula bisa diketahui kualitas seseorang dalam menyelesaikan permasalahan, mengemukakan pendapat, juga kemampuan memimpinnya.

Menurut beberapa sumber, orang Indonesia sebenarnya memiliki talenta yang cukup unggul jika dibandingkan dengan pekerja dari negara lainnya. Namun, orang Indonesia cenderung lebih pemalu dan sulit menunjukkan leading skill yang dimiliki. FGD ini jadi sarana yang tepat untukmu membuktikan bahwa kita layak diterima dan bisa diandalkan.

Jadi buat kamu yang sedang berada dalam fase pencarian kerja. Kita juga harus membekali diri dengan berbagai skill dan kemampuan teknis yang oke karena sainganmu bukan hanya berasal dari Indonesia. Selamat berjuang!

 

Tips karir lainnya dapat kamu dapatkan GRATIS dengan cara berlangganan konten KampusUNJ.com melalui formulir berikut:

Daftarkan email kamu di bawah ini:

You may also like...

4 Responses

  1. 12/06/2016

    […] juga dapat berfungsi sebagai patokan agar lamaran kita tidak berubah menjadi surat riwayat hidup (Curriculum Vitae) atau yang lebih parah ajang […]

  2. 13/06/2016

    […] Kamu akan sangat menyesal ketika CV sudah dibuat dan dikirim ke perusahaan incaran, tapi baru menyadari ada typo di dalamnya. Untuk menghindarinya, minta bantuan orang lain untuk review CV kreatifmu, terutama jika kamu menulis CV dalam Bahasa Inggris. […]

  3. 13/11/2016

    […] Jangan asal copy-paste surat lamaran kerja! Sebab, orang Human Resourse Department (HRD) sangat ahli untuk mengetahui mana lamaran hasil contekan dan bukan. Itu juga berlaku dalam membuat Surat Riwayat Hidup. […]

  4. 12/12/2016

    […] Contoh CV konvensional […]

Apa komentarmu?