Mau Kuliah di Denmark? Kamu Wajib Tahu Semua Ini

Mau Kuliah di Denmark? Kamu Wajib Tahu Semua Ini

Mau Kuliah di Denmark? Kamu Wajib Tahu Semua Ini

Kuliah di Denmark sama bagusnya jika kamu kuliah di Jepang, ataupun di Amerika.

Denmark yang tidak lebih besar dari provinsi Jawa Timur; hanya 43.098 km2, merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik dunia.

Lima universitas di Denmark termasuk dalam 400 peringkat atas dunia. Universitas Copenhagen adalah yang terbaik dan berada di peringkat 68 dari seluruh universitas di dunia pada tahun 2016/2017.

Apa yang harus diketahui jika mau kuliah di Denmark? Jawabannya telah dikumpulkan oleh Tim Editor KampusUNJ.com melalui artikel ini.

 

Biaya kuliah di Denmark

Denmark merupakan salah satu negara yang biaya kuliahnya cukup tinggi. Berikut ini rincian biaya pendidikannya:

1. Program magister (Master)

Biaya kuliah magister di Denmark hanya diberikan gratis bagi warga Uni Eropa. Bagi warga negara lainnya, biaya kuliahnya bervariasi. Sebagai contoh, biaya kuliah magister jurusan sains dan teknik berkisar 36.000–96.000 DKK atau sekitar Rp70.000.000–Rp185.000.000 per tahun.

Biaya kuliah di Denmark mahal? Jangan khawatir, sebab banyak beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa Indonesia.

 

Beasiswa kuliah di Denmark

Ada cukup banyak program beasiswa pascasarjana yang bisa diambil oleh mahasiswa Indonesia. Berikut adalah beberapa program beasiswa yang tersedia khusus jika ingin kuliah di Denmark:

1. Beasiswa Erasmus Mundus

Beasiswa ini diberikan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke program master (S2). Program Master Erasmus Mundus dapat diselesaikan dalam waktu 1-2 tahun.

Beasiswa program Magister Erasmus Mundus menawarkan pilihan studi:

  • Ilmu pertanian dan kehutanan,
  • Ilmu bisnis dan manajemen,
  • Ilmu komunikasi dan informasi,
  • Pendidikan dan pengajaran,
  • Teknik dan teknologi,
  • Humaniora,
  • Hukum, dan lain-lain.

Beasiswa Erasmus Mundus dapat menanggung biaya kuliah di Denmark hingga sekitar 24.000 EUR setiap tahun. Rincian biayanya, yaitu 8.000 EUR untuk biaya kuliah, 12.000 EUR untuk biaya hidup dan 4.000 EUR untuk biaya transportasi (termasuk tiket pesawat dari Indonesia ke Eropa) selama perkuliahan.

 

2. Beasiswa PhD di Universitas Copenhagen

Beasiswa PhD di Universitas Copenhagen, hanya diberikan untuk lulusan master di bidang agronomi, biologi, bioteknologi atau sejenisnya.

Penerima beasiswa PhD di Universitas Copenhagen akan bisa melakukan penelitian menggunakan teknologi terbaru. Selain itu, kandidat juga akan diberikan kesempatan untuk memperkenalkan penelitian tersebut di konferensi domestik dan internasional.

 

3. Beasiswa Pascasarjana di Universitas Aarhus

Beasiswa Pascasarjana Universitas Aarhus tersedia untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di salah satu bidang ilmu berikut: Seni, Bisnis dan Ilmu Sosial, Teknologi dan Kesehatan.

Biaya kuliah penerima Beasiswa Pascasarjana Universitas Aarhus akan ditanggung penuh selama dua tahun.

 

Daftar universitas terbaik di Denmark

Berikut ini adalah lima universitas terbaik di Denmark menurut QS World University Rankings:

1.Universitas Copenhagen

Universitas Copenhagen merupakan kampus tertua dan terbesar di Denmark, yang telah ada sejak tahun 1479. Umumnya, Universitas Copenhagen menggunakan bahasa Denmark sebagai bahasa pengantar kuliah. Walaupun ada juga mata kuliah yang menggunakan bahasa Inggris, dan Jerman.

Universitas Copenhagen memiliki enam fakultas: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Teologi.

 

2. Universitas Aarhus

Universitas Aarus atau Aarhus Universitet (AU) berada di Aarhus, Denmark. Ini merupakan universitas tertua kedua di Denmark yang berdiri sejak 1928.

Universitas ini memiliki jurusan yang terkonsentrasi pada bidang Seni, Sains dan Teknologi, Ilmu Kesehatan, Bisnis dan Ilmu Sosial.

 

3. Technical University of Denmark

Dalam bahasa Denmark, universitas ini dikenal dengan Danmarks Tekniske Universitet (DTU). Universitas yang terletak di sebelah utara Kopenhagen ini, telah ada sejak 1829.

Technical University of Denmark memiliki beberapa fakultas di bidang teknik, ilmu pengetahuan alam dan sosial. Adapun jurusan yang tersedia di DTU ini, yaitu Kimia, Teknik Sipil, Matematika dan Ilmu Komputer, Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Manajemen, Fisika, Biologi, Transportasi, dan Matematika.

 

4. Universitas Aalborg

Universitas Aalborg merupakan salah satu universitas terbesar yang memiliki sekitar 21.606 mahasiswa. Awalnya, di tahun 1974, Universitas Aalborg berdiri dengan nama Aalborg University Center (AUC). Namun, mulai tahun 1994 hingga sekarang, namanya diubah menjadi Aalborg University (AAU).

Universitas Aalborg memiliki fakultas Ilmu Budaya, dengan jurusan Komunikasi dan Psikologi, Kebudayaan, dan Filsafat.

 

5. University of Southern Denmark

University of Southern Denmark (Universitas Denmark Selatan) berdiri sejak 1966. Kampus utamanya berada di Odense, sedangkan kampus regional lainnya, tersebar di Copenhagen, Kolding, Esbjerg, Slagelse dan Sønderborg.

Terdapat lebih dari 32.000 mahasiswa melakukan studi di University of Southern Denmark, yang 15% di antaranya adalah mahasiswa dari luar negeri. Kamu dapat memilih sekitar 115 program studi jika Kuliah di University of Southern Denmark.

 

Informasi visa pelajar di Denmark

Visa Schengen wajib kamu miliki jika ingin melanjutkan studi di Denmark.

Visa Schengen adalah jenis visa yang dipakai untuk dapat masuk ke 26 negara anggota Schengen:

  1. Austria
  2. Belgium
  3. Czech Republic
  4. Denmark
  5. Estonia
  6. Finland
  7. France
  8. Germany
  9. Greece
  10. Hungary
  11. Iceland
  12. Italy
  13. Latvia
  14. Lithuania
  15. Luxembourg
  16. Malta
  17. Netherlands
  18. Norway
  19. Poland
  20. Portugal
  21. Slovakia
  22. Slovenia
  23. Spain
  24. Sweden
  25. Switzerland
  26. Liechtenstein

Biaya untuk pengurusan Visa Schengen sekitar Rp2.870.000. Pengurusan visa membutuhkan waktu sekitar 15 hari atau paling lama 30 hari.

Selain Visa Schengen, kamu juga perlu mengurus izin tinggal dari Kedutaan Besar Denmark di Indonesia.

Syarat mendapatkannya mudah, yaitu dengan hanya menunjukkan bukti kamu telah diterima oleh salah satu universitas di Denmark. Kemudian menyerahkan bukti jaminan keuangan dan keterangan bahwa kamu menguasai salah satu bahasa berikut: Denmark, Swedia, Norwegia, Inggris atau Jerman.

Kedutaan Besar Denmark akan menghubungimu setelah menerima keputusan dari Kantor Imigrasi Denmark.

Surat izin tinggal di Denmark berlaku selama 6 bulan terhitung dari hari pertama berada di Denmark.

 

Informasi dasar hidup di Denmark

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum pergi ke Denmark supaya tidak mengalami culture shock:

1. Iklim di Denmark

Ada empat musim di Denmark, yaitu musim dingin (Desember–Februari), musim semi (Maret–Mei), musim panas (Juni–Agustus) dan musim gugur (September–November).

Musim dingin di Denmark rata-rata mencapai suhu 0 derajat celcius. Sedangkan, pada musim panas, suhu di Denmark mencapai rata-rata 15 derajat celcius.

Selama musim dingin, matahari terbit sekitar pukul 09.00 dan terbenam sekitar pukul 16.00. Sedangkan, selama musim panas matahari terbit pukul sekitar 02.00 dan terbenam sekitar pukul 22.00.

 

2. Bahasa yang digunakan di Denmark

Masyarakat Denmark sebagian besar bicara dengan Bahasa Denmark dan menulis menggunakan huruf latin. Namun, sama seperti kondisi di Indonesia, sebagian kecil masyarakat di Denmark juga dapat berbicara dengan Bahasa Inggris secara lancar.

 

3. Budaya masyarakat Denmark

Masyarakat Denmark menjunjung tinggi keterbukaan dan memiliki budaya menghargai pendapat orang lain.

Di lingkungan universitas, mahasiswa dan dosen dianggap sederajat. Mahasiswa bebas mengemukakan pendapatnya dan berdiskusi dengan dosen.

 

4. Transportasi selama di Denmark

Sama seperti negara maju pada umumnya, menggunakan transportasi umum di Denmark terbilang mudah. Hanya butuh satu kartu untuk dapat menggunakan layanan kereta api, bus dan metro di Denmark.

Dalam menentukan tarif layanan transportasi umum, Denmark menggunakan sistem zona. Semakin banyak zona yang kamu lewati maka semakin mahal tarif yang dikenakan.

Beberapa jenis transportasi umum seperti bus dan kereta api, yang melayani jarak jauh, tiketnya harus dibeli pada tempat-tempat tertentu.

 

5. Biaya hidup di Denmark

Biaya hidup di Copenhagen, ibukota Denmark, sekitar 875–1.010 EUR per bulan, sedangkan di kota Aalborg (Denmark Utara) sekitar 740–875 EUR per bulan.

Apartemen satu kamar, lengkap dengan dapur kecil dan kamar mandi di Copenhagen, tarif sewanya sekitar 538–673 EUR, sedangkan di Aalborg (Denmark Utara) tarifnya sekitar 404–538 EUR.

Beberapa mahasiswa yang berasal dari luar Denmark, bekerja paruh waktu sebagai pelayan bar atau penjaga toko untuk memenuhi biaya hidup di Denmark.

 

Jangan lupa, bergabung dan berkenalan dengan PPI Denmark, yang dapat membantumu menghadapi masa sulit Kuliah di Denmark.

Info penting lainnya:


Apa komentarmu?