PENMABA UNJ: Perbedaannya Dengan SNMPTN dan SBMPTN

perbedaan penmaba unj dengan snmptn dan sbmptn

Perbedaan PENMABA UNJ dengan SNMPTN dan SBMPTN

Apakah kamu betul-betul tahu apa itu PENMABA UNJ? Apa perbedaannya dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN? Apakah ijazah yang akan diterima sama seperti yang lainnya? Simak penjelasannya berikut ini:

 

Apa itu PENMABA UNJ?

PENMABA adalah jalur mandiri UNJ yang dilakukan pertama kali pada 2003 untuk menyaring mahasiswa baru selain jalur reguler, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Seperti perguruan tinggi pada umumnya, jalur PENMABA UNJ memiliki standar ujian dan batas kursi penerimaan berbeda dengan jalur reguler.

 

Biaya kuliah mahasiswa PENMABA di UNJ

Kepala Sekretariat POM UNJ, Sudrajat, mengatakan bahwa jalur PENMABA adalah jalur khusus calon mahasiswa dari keluarga yang mampu. Sebab, di awal pelaksanaannya, mahasiswa yang masuk melalui jalur PENMABA dikenakan biaya awal jauh lebih mahal ketimbang jalur reguler. Saat ini, Universitas Negeri Jakarta menerapkan sistem pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) sehingga penetapan biaya kuliah dihitung berdasarkan kemampuan mahasiswa.

 

Proses belajar bagi mahasiswa PENMABA

Saat pertama kali masuk kuliah, setiap angkatan akan terpisah berdasarkan jalur masuknya: Jalur SNMPTN dan SBMPTN berada dalam kelas reguler, sedangkan jalur PENMABA berada di kelas non-reguler.

Jadwal kelas reguler dilaksanakan lebih dulu. Artinya, kelas reguler akan lebih banyak mendapat jadwal kelas di pagi hari. Baru kemudian disusul jadwal kelas non-reguler dan kelas ekstensi jika tersedia.

Umumnya, saat masuk semester ke-5, posisi jadwal kelas akan berubah sesuai peminatan program studi dan kemampuan masing-masing mahasiswa. Artinya, mahasiswa PENMABA dapat berada di kelas yang sama dengan mahasiswa SNMPTN dan SBMPTN.

Dari segi materi ajar, dosen dan tugas yang diberikan, tidak ada perbedaan antara kelas regular maupun non-reguler.

 

Beasiswa untuk mahasiswa PENMABA UNJ

Mahasiswa PENMABA UNJ dapat mendapatkan beasiswa pendidikan dari pihak swasta di luar kampus. Sebab, umumnya, beasiswa yang tersedia dari UNJ dan pihak negeri lainnya memprioritaskan mahasiswa jalur reguler sebagai penerimanya.

Beasiswa luar negeri terbaru dapat kamu dapatkan di Twitter @KampusUNJ dengan hashtag #infoBeasiswa.

 

Perbedaan ijazah mahasiswa PENMABA dan SNMPTN & SBMPTN

Tidak ada perbedaan antara ijazah mahasiswa PENMABA dan mahasiswa SNMPTN atau SBMPTN. Ketiganya diakui negara dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Kapan PENMABA UNJ dimulai?

Umumnya, masa pendaftaran PENMABA dilakukan setelah proses penerimaan SNMPTN dan SBMPTN selesai. Pendaftaran dilakukan secara online di bulan Mei hingga Juli. Proses ujian dan pengumuman PENMABA biasanya dilaksanakan secara tertulis pada bulan Agustus.

Alur Pendaftaran PENMABA Universitas Negeri Jakarta 2015

Alur Pendaftaran PENMABA Universitas Negeri Jakarta 2015 (Sumber: penmaba.unj.ac.id)

 

Bagaimana cara tidak ketinggalan PENMABA di UNJ?

Daftarkan email kamu di KampusUNJ.com dan melalui formulir berikut:

Daftarkan email kamu di bawah ini:

Atau cukup tunggu infonya langsung dari Facebook dan Twitter KampusUNJ.com

 

Sebarkan artikel ini jika kamu merasa terbantu. Biarkan orang lain ikut terbantu dengan membaca informasi ini. Terima kasih.

Info penting lainnya:


4 Responses

  1. 10/03/2016

    […] Pendaftaran PENMABA dibuka sebentar lagi. Namun, apakah kamu betul-betul yakin ingin masuk UNJ lewat jalur ini? Karena, jalur PENMABA berbeda dengan SNMPTN atau SBMPTN. […]

  2. 13/03/2016

    […] mahasiswa program diploma (D3) dilakukan melalui jalur non-reguler atau disebut PENMABA. Jalur PENMABA berbeda dengan SNMPTN atau SBMPTN. Pelaksanaan ujian PENMABA dilakukan bersamaan dengan seleksi untuk program strata-1 (S1). Jadwal […]

  3. 30/03/2016

    […] dilaksanakan. Namun, sebelum memutuskan mengikuti ujian mandiri, ada baiknya kamu pelajari apa perbedaan antara PENMABA dengan SNMPTN dan SBMPTN terlebih […]

  4. 29/06/2016

    […] kabar gembira bagi yang berminat mengikuti PENMABA UNJ! Mulai tahun 2016, seleksi penerimaan mahasiswa baru tak hanya melalui tes tertulis dan praktek, […]

Apa komentarmu?