Inikah Situs Kuliah Online (MOOC) Terbaik Indonesia?

Inikah Situs Kuliah Online (MOOC) Terbaik Indonesia?

Inikah Situs Kuliah Online (MOOC) Terbaik Indonesia?

Banyak situs kuliah online (MOOC) di Indonesia, tapi sedikit yang digarap serius.

Bahkan hanya segelintir situs yang memberikan materi sepenuhnya gratis sesuai dengan semangat lahirnya konsep MOOC.

Di artikel ini, Tim Editor KampusUNJ.com akan membahas MOOC mulai dari definisi, perkembangannya dan menganalisa kualitas situs MOOC gratis Indonesia, untuk mencari siapakah yang pantas menyandang predikat terbaik.

 

Apa itu MOOC?

MOOC adalah singkatan dari Massive Open Online Courses, atau juga dikenal dengan situs kuliah online. Melalui situs MOOC, semua orang bisa “kuliah” gratis tanpa terikat jadwal dan bebas memilih mata kuliah.

Situs MOOC populer di dunia adalah edX dan Coursera. Keduanya sama-sama diluncurkan di tahun 2012 dan menyajikan materi dari universitas ternama di dunia. Perbedaannya, edX adalah lembaga non-profit yang dibuat oleh Universitas Harvard dan MIT, sedangkan Coursera diciptakan oleh lembaga swasta.

 

Perkembangan MOOC di Indonesia

Sejak tahun 2007, sistem menyerupai MOOC telah diadopsi Zenius yang menyebarkan materi pelajaran melalui CD dan internet. Selama beberapa tahun berikutnya, beberapa situs MOOC Indonesia pun bermunculan dengan menyajikan materi dalam bentuk video.

Pada tahun 2014, pemerintah bersama enam universitas negeri dan swasta, meluncurkan sistem kuliah online dengan nama Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (PDITT). Sayangnya, sistem itu hanya ditujukan mahasiswa di enam universitas tersebut agar dapat mengambil mata kuliah di universitas lain.

Tahun 2015, beberapa universitas dan lembaga non-profit mulai membuat MOOC. Contohnya Universitas Ciputra dengan Ciputra UCEO, Fisipol UGM dengan FOCUS dan Universitas Terbuka dengan MOOCs.

 

Kualitas MOOC di Indonesia

Sejak 2007 hingga sekarang, setidaknya ada 16 situs MOOC buatan Indonesia yang masih aktif. Sebagian besar dikelola lembaga swasta dengan model bisnis freemium; hanya beberapa konten yang gratis dan sisanya berbayar.

Hanya enam situs kuliah online (MOOC) Indonesia yang benar-benar menyajikan konten secara gratis, yaitu: CodeSaya, FOCUS Fisipol UGM, IndonesiaX, MOOCs Universitas Terbuka, Sibejoo dan UCEO Universitas Ciputra.

Salah satu sifat situs MOOC berkualitas adalah gratis. Tetapi, gratis saja tidak cukup. Untuk mengukur kualitas situs MOOC tersebut secara objektif, dibutuhkan parameter penilaian secara kualitatif dan kuantitatif:

  1. Cara penyajian konten
  2. Jumlah materi
  3. Institusi pendukung
  4. Total kunjungan situs
  5. Popularitas di media sosial

 

Situs MOOC Terbaik di Indonesia

Untuk mendapatkan hasil yang objektif, riset dilakukan dengan parameter berupa: jumlah konten, institusi pendukung, estimasi kunjungan, hingga popularitasnya di media sosial:

Situs MOOC Penyajian konten Jumlah materi Institusi pendukung Estimasi kunjungan* Popularitas (fans) di media sosial
Facebook Twitter Instagram Youtube Total
CodeSaya Teks & Interaktif 4 Digital Ocean 67,300 1,620 1,279 0 0 2,899
FOCUS Fisipol UGM Teks & Video 12 BCA 836 0 0 0 0 0
IndonesiaX Teks & Video 15 edX, HarvardX, IDX, ITB, ITS, NET, Rumah Perubahan, UI, UNAIR, UNPAD, UT 141,200 197,580 47,261 1,975 560 247,376
MOOCs Univ. Terbuka Teks & Video 7 45,200 0 0 0 0 0
Sibejoo Video 82 17,100 3,017 1,106 692 13,463 18,278
UCEO Univ. Ciputra Teks & Video 11 44,300 6,974 3,952 10,400 0 21,326
*Estimasi bulan April–Juni 2016 berdasarkan similarweb.com

Yang menarik dari tabel perbandingan MOOC di atas, terdapat perbedaan signifikan antara popularitas IndonesiaX dengan situs MOOC lainnya di media sosial. IndonesiaX juga satu-satunya situs MOOC Indonesia yang didukung oleh beragam institusi dan universitas.

Apakah dengan fakta tersebut, IndonesiaX menjadi situs MOOC terbaik di Indonesia?

 

Jika dianalisa lebih lanjut, kita dapat menyimpulkan dua hal:

  1. Konten yang disajikan IndonesiaX sangat bermanfaat/dibutuhkan, sehingga jumlah kunjungan situs dan follower media sosialnya tinggi.
  2. IndonesiaX punya komitmen tinggi untuk menerapkan MOOC, dengan menggandeng banyak intitusi pendidikan dan lembaga swasta.
Situs kuliah online gratis, IndonesiaX.co.id

Situs kuliah online gratis, IndonesiaX.co.id

Pencapaian IndonesiaX tersebut dibilang sangat cepat jika dibandingkan situs MOOC lainnya. Sebab, IndonesiaX baru diluncurkan pada 17 Agustus 2015 lalu dan dikelola oleh lembaga non-profit.

 

Keunikan Situs Kuliah Online (MOOC) di Indonesia

Tidak semua situs MOOC di Indonesia menyajikan topik serupa. Contohnya Sibejoo yang fokus pada mata pelajaran tingkat SMA.

Contoh lainnya, CodeSaya yang fokus di materi pemrograman. Walau hanya memiliki empat materi, CodeSaya adalah satu-satunya situs MOOC gratis yang menyajikan konten secara interaktif.

 

Masa depan Indonesia dengan MOOC

Ada beberapa skenario yang mungkin terjadi di masa depan dengan adanya situs MOOC di Indonesia:

  • Setiap orang dapat membuat kelas online sendiri, setelah adanya situs MOOC untuk menjadi guru.
  • Beasiswa pendidikan semakin berkurang sebab semua orang dapat mengakses materi sekolah secara gratis.
  • Setiap sekolah dari berbagai jenjang pendidikan memiliki situs MOOC untuk murid-muridnya.
  • Sekolah di rumah atau homeschooling, menjadi semakin mainstream.
  • Gelar pendidikan bukan lagi menjadi persyaratan dalam melamar pekerjaan, sebab keahlian lulusan MOOC yang terbilang setara dengan kuliah konvensional.

Namun, skenario di atas bisa gagal terealisasi jika situs MOOC gratis seperti IndonesiaX dan lainnya kalah dengan situs MOOC berbayar. Mari dukung situs MOOC gratis Indonesia, mulai dari hal terkecil yaitu membagikan artikel ini ke media sosial Anda.

Maju terus situs MOOC Indonesia!


Apa komentarmu?