Alumni UNJ Yang Terkenal Sebagai Tokoh Publik di Indonesia

Alumni UNJ Yang Terkenal Sebagai Tokoh Publik di Indonesia.

Alumni UNJ Yang Terkenal Sebagai Tokoh Publik di Indonesia. (Sumber gambar: rimanews.com)

Siapa bilang UNJ cuma menghasilkan guru?

Banyak alumni UNJ yang menjadi tokoh publik Indonesia.

Jika kembali ke zaman IKIP, banyak alumni penting yang berprofesi selain guru, salah satunya adalah Martha Tilaar yang sekarang menjadi pengusaha.

Setelah IKIP diubah menjadi UNJ, semakin banyak alumni yang berprofesi menjadi penyanyi, aktris film, politikus bahkan pelawak.

Berikut daftar tokoh publik yang pernah berkuliah atau telah menjadi salah satu alumni penting di UNJ:

 

1. Bening Septaria Rahayuningtyas – Penyanyi pop

Saat ini Bening dikenal sebagai penyanyi solo yang juga berduet di grup bernama Be2. Bening telah memiliki lagu pertamanya berjudul “Cinta Yang Terabaikan” di bawah label musik Nagaswara.

Di UNJ, namanya juga banyak dikenal sebagai salah satu nominasi UNJ Award 2015 di kategori pertunjukan seni. Sebelumnya, di tahun 2013, dirinya meraih juara pertama kontes bernyanyi Bintang Radio Tingkat Nasional di Jayapura.

Bening Septaria Rahayuningtyas terdaftar sebagai mahasiswa angkatan 2011 program studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, dan lulus pada 2015.

Kontak: @bebeseptaria

 

2. Denny Wahyudi – Pembawa acara TV

Denny Wahyudi lebih sering terlihat sebagai pembawa acara Dashyat di RCTI. Sebelumnya, namanya lebih dikenal sebagai anggota grup lawak Cagur (singkatan dari “Calon Guru” atau “Canda Gurau”), bersama Sunarji dan Wendy Armoko yang juga merupakan alumni UNJ.

Oleh mahasiswa UNJ, Denny dikenal memang penuh canda. Hingga akhirnya Denny serta kedua temannya membentuk Cagur untuk mengikuti kompetisi lawak di TV, kemudian eksis hingga sekarang.

Denny Wahyudi terdaftar sebagai mahasiswa S1 program studi Pendidikan Ekonomi, yang lulus pada tahun 2001.

Kontak: @dennycagur

 

3. Mega Dirilla Y Gaya – Penyiar radio online

Kebanyakan orang mengenal Mega Dirilla Y Gaya sebagai penyanyi alumni Akademi Fantasi Indosiar (AFI) 2006. Namun, saat ini Mega berprofesi sebagai penyiar radio online walaupun di awal tahun 2016, dirinya telah merilis lagu terbaru berjudul “Hiduplah Dalam Hidupku”.

Berdasarkan data di website DIKTI, Mega terdaftar sebagai mahasiswa S1 program studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik angkatan 2008. Tetapi, dirinya tercatat tidak meneruskan kuliah di UNJ di tahun keduanya.

Kontak: @megadirilla

 

4. Nanda Hamdalah – Juru masak

Sebagian masyarakat mengenalnya dengan nama Chef Nanda Young. Namun, dirinya bukan sekedar juru masak biasa, Nanda fokus dalam pembuatan makanan yang cocok untuk anak berkebutuhan khusus. Dirinya sempat dinobatkan sebagai Pemuda Pelopor di bidang pangan oleh Pemerintah Kota Bekasi tahun 2014.

nanda hamdalah - chef lulusan unj

Nanda Hamdalah di acara Pagi-Pagi NET. (Sumber foto: Dokumentasi pribadi Nanda)

Nanda Hamdalah adalah alumni S1 UNJ dari Program Studi Pendidikan Tata Boga angkatan 2008. Dirinya tercatat di situs DIKTI sebagai lulusan UNJ tahun 2013.

Kontak: @chefnandayoung

 

5. Oki Setiana Dewi – Aktris film

Nama Oki Setiana Dewi menjadi lebih dikenal sejak memainkan peran utama di film Ketika Cinta Bertasbih. Dirinya juga dikenal sebagai penulis buku dan pemilik usaha pakaian muslimah.

Oki Setiana Dewi adalah mahasiswa angkatan 2012 Program Magister UNJ di jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, dan lulus di tahun 2016 dengan IPK 3,81.

Kontak: @oki_setiana

 

6. Rahmad Darmawan – Pelatih sepakbola

Bagi pecinta sepakbola tanah air, nama Rahmad Darmawan tentu sudah tak asing lagi. Dirinya dikenal sebagai atlet nasional sepakbola sejak masa 80-an hingga 90-an. Selama setahun hingga 2015, dirinya dipercaya menjadi pelatih Klub sepakbola Persija Jakarta.

Nama Rahmad Darmawan tercatat sebagai mahasiswa IKIP Fakultas Ilmu Keolahragaan. Dikabarkan bahwa dirinya lulus dari UNJ pada tahun 1990, sebelum meneruskan pendidikannya ke Akademi Militer.

Kontak: @rdcoach66

 

7. Sunarji – Pembawa acara TV

Lebih dikenal dengan nama Narji, dirinya bersama Denny Wahyudi dan Wendy Armoko tergabung di grup lawak Cagur. Saat ini, Narji disibukkan dengan kuliah S2 jurusan Magister Manajemen di Universitas Pamulang, sehingga jarang ditemui di televisi.

narji cagur di unj

Narji berada di salah satu acara mahasiswa UNJ. (Sumber gambar: maulitasista.blogspot.co.id)

Narji bersama-sama dengan Denny telah menyelesaikan kuliah jurusan Pendidikan Ekonomi di UNJ, sembari merintis Cagur bersama Wendy.

Kontak: @AbangNarjiCagur

 

8. Sundari Untinasih Soekotjo – Penyanyi keroncong

Anak muda saat ini mungkin tak banyak yang mengenal Sundari Soekotjo, padahal nama wanita ini terkenal di dunia musik Indonesia, terutama keroncong. Keroncong Award oleh Yayasan Bina Suci & RRI, serta penghargaan khusus oleh AMI Sharp Award ke-6 telah diraih dirinya.

Di tahun 2002, Sundari Soekotjo telah menyelesaikan Program Sarjana Pendidikan Seni Musik UNJ. Kemudian, resmi menjadi alumni Program Pascasarjana UNJ pada tahun 2010.

Kontak: @SSoekotjo

 

9. Ubedilah Badrun – Pengamat sosial & politik

Sebelum era reformasi, Ubedilah Badrun adalah pendiri Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se-Jakarta (FKSMJ) tahun 1996. Kini, dirinya aktif sebagai Direktur Pusat Studi Sosial & Politik Indonesia (PUSPOL) dan dosen pada jurusan Sosiologi UNJ.

Semasa kuliah S1 Pendidikan Kewarganegaraan IKIP, Ubedilah Badrun pernah dinobatkan sebagai peringkat 1 Mahasiswa Berprestasi Utama tahun 1995 oleh IKIP serta Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kontak: @ubedilahbadrun

 

10. Wendy Armoko – Pelawak

Di antara anggota Cagur, hanya Wendy Armoko yang masih kerap muncul di acara lawak televisi. Selain melawak, Wendy juga memiliki toko online yang menjual pakaian bekas bernama WCBABE.

Berbeda dengan kerabatnya Denny dan Narji, Wendy memilih kuliah di Jurusan Seni Rupa UNJ. Namun, tidak diketahui apakah Wendy telah menyelesaikan pendidikan sarjananya di UNJ atau belum.

Kontak: @wcindonesia

 

11. Wiranto – Politikus

Jika tidak mengenal Wiranto, berarti kamu masih terlalu muda. Wiranto saat ini lebih dikenal sebagai Ketua Partai Hanura, dan sebelumnya pernah mencalonkan diri sebagai presiden di tahun 2004 dan calon wakil presiden di tahun 2009.

Wiranto merupakan alumni Program Pascasarjana UNJ di bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) angkatan 2011. Sidang terbuka disertasinya telah dilakukan pada 7 Oktober 2013.

Kontak: @wiranto1947

 

12. Kamu – Alumni UNJ terpenting (?)

Jadilah salah satu alumni penting di UNJ dengan selalu berkarya di dalam serta luar kampus. Butuh inspirasi? Dapatkan dengan menjadi pembaca VIP melalui formulir berikut:

Daftarkan email untuk menjadi pembaca VIP

Info penting lainnya:


8 Responses

  1. Abd Hafid says:

    Saya yakin msh banyak yg lbh hebat lg di daerah, walau tak biasa tampil di depan layar..UNJ hrs bangga dn kami pun bangga sbg calon alumni UNJ.

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Betul. Banyak alumni UNJ yang hebat dalam berkarya walau tidak banyak dikenal masyarakat. Yang terpenting bukan sekedar dikenal banyak orang, tetapi bermanfaat bagi banyak orang. Contohnya, menjadi guru yang mungkin memberi manfaat lebih banyak.

      Terima kasih atas opininya.

  2. willy says:

    Ehem rahmad darmawan ???

  3. ® says:

    Ada juga Helvy Tiana Rosa. Dia lulusan PPs UNJ, sampai sekarang juga masih aktif mengajar di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dia adalah seorang tokoh sastrawan, pendiri Forum Lingkar Pena, seorang novelis terkenal, dan menjadi salah satu sastrawan paling berpengaruh di kalangan sastra Indonesia. Mohon dicantumkan min. Terima kasih 🙂

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Kami mendapatkan informasi dari Ibu Helvy Tiana Rosa, bahwa pendidikan S1 dan S2 beliau di Universitas Indonesia. Saat ini beliau sedang menyelesaikan disertasinya di UNJ.

  4. Tonggo Marbun says:

    Saya bangga alumni jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Jakarta tahun 1994 dapat berkompetisi, berkarir bahkan maju dan berkembang sebagai Bankir Profesional di kancah Perbankan Nasional. Terima kasih buat IKIP Jakarta

  1. 15/12/2016

    […] Soekotjo adalah salah satu lulusan seni musik UNJ. Walaupun termasuk jurusan kependidikan, banyak lulusan UNJ yang memiliki karir di luar bidang […]

Apa komentarmu?