Kegiatan Dompet Dhuafa: Bedah Buku & Creative Writing Sharing

Dalam rangka memperingati Hari Buku Dunia dan Hari Pendidikan Nasional, Pusat Belajar Anti Korupsi (PBAK) dan Pusat Sumber Belajar (PSB) Dompet Dhuafa menyelenggarakan kegiatan Bedah Buku dan Creative Writing Sharing. Kegiatan telah dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2016 bertempat di Aula Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa, Jampang, Bogor. Peserta yang hadir sejumlah 90 orang berasal dari siswa/siswi SMA, mahasiswa, dan juga umum.

Kegiatan bedah buku diisi oleh Jombang Santani Khairan (J.S.Khairen) membahas tentang bukunya yaitu “30 Paspor The Peacekeepers’ Journey”. Dengan prinsip ‘semakin kesasar semakin bagus’ para peserta diajak untuk menjadi pribadi yang mandiri, berani, dan bertanggung jawab dalam segala hal.

Sesi kedua yaitu Creative Writing Sharing oleh Mutia Prawitasari. Membahas tentang Self Book Publishing, peserta diajak untuk berani menulis dan menginspirasi banyak orang melalui tulisan yang diterbitkan dalam sebuah buku. Untuk menambah ramai suasana peserta diberi hiburan musikalisasi puisi dan kesenian trassic oleh siswa SMART Ekselensia Indonesia.

Peserta juga diberi pengetahuan dasar mengenai korupsi dan nilai – nilai anti korupsi oleh M. Ridwan Affan dari Pusat Belajar Anti Korupsi (PBAK) Dompet Dhuafa. Dan mereka juga mendapatkan poster tentang korupsi dan nilai – nilai antikorupsi untuk ditempel di mading sekolah.

Bedah Buku dan Creative Writing Sharing merupakan salah satu upaya untuk membangun karakter anti korupsi dalam jiwa anak muda melalui ranah literasi. Alhamdulillah antusias dari para peserta sangat baik dalam mengikuti acara. Oleh karena itu, kegiatan ini akan diselenggarakan secara rutin, baik dalam bentuk yang sama maupun dengan beberapa perubahan. Tujuannya tentunya agar memberikan manfaat yang lebih luas kepada anak muda sebagai agen – agen antikorupsi untuk berkarya melawan korupsi melalui literasi.

Info penting lainnya:


Apa komentarmu?