Kenapa Investasi Reksadana? Ini Alasannya Kenapa Kamu Harus Mencobanya!

Kenapa investasi Reksadana?

Reksadana itu termasuk investasi yang bagus sekali. Karena bisa dilakukan oleh pemodal kecil dan mereka yang tidak punya cukup waktu serta keahlian khusus dalam menghitung resiko dari investasi yang dilakukannya. Sehingga hal ini cukup menguntungkan karena lebih mobile daripada yang lain. Reksadana sudah dirancang sebagai sarana untuk mengumpulkan dana dari masyarakat yang mempunyai keinginan untuk melakukan investasi.

Keuntungan Investasi Reksadana

Reksadana menawarkan manfaat yang benar-benar menguntungkan oleh masyarakat. Berdasarkan laman Duwitmu, berikut ini adalah kelebihan dari investasi reksadana dibandingkan yang lainnya, antara lain:

  1. Biayanya rendah. Alasan mengapa reksadana pas bagi generasi muda karena biaya awal yang diperlukan sangat murah, bisa mulai dari Rp10.000 dan kamu sudah bisa mulai menikmati manfaat dari berinvestasi reksadana. Selain itu bagi modal yang minim keuntungan yang didapat tetap besar. Karena investasi reksadana memberikan keuntungan hingga 20% atau lebih dalam satu tahun.
  2. Mudah jika dikelola. Keterbatasan waktu serta pengetahuan masyarakat untuk melakukan investasi, tidaklah sebuah masalah dalam investasi reksadana. Sebab pengelolaan investasi reksadana kamu sesungguhnya akan dikelola oleh para manajer investasi profesional yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi pasti aman sistem pengelolaannya.
  3. Lebih aman. Saat berinvestasi reksadana, kamu tidak perlu takut lagi mengenai dana kamu akan dibawa kabur oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau yang lainnya. Umumnya dana investasi reksadana tidak dipegang pihak manajer investasinya langsung. Namun uang itu disimpan dalam rekening bank khusus atau bank kustodian.
  4. Sistemnya online. Sekarang ini kebanyakan investasi reksadana itu sudah berbasis atau dilakukan dengan cara online. Kamu bisa melakukan transaksi serta melihat semua data investasi dengan mudah melalui laptop dan smartphone kamu. Bukan hanya itu, namun hal ini juga akan membuat biaya transaksi menjadi sangat murah. Begitu praktis.
  5. Investasinya transparan dan jelas. Kamu dapat dengan mudah juga jelas melihat mengenai informasi perkembangan biaya secara terus menerus. Kamu bisa memantau setiap keuntungan dari investasi reksadana, biaya, serta risiko setiap waktu hanya dengan cara online. Manajer investasi yang bertugas sebagai pengelola reksadana wajib menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan.

Alasan Kenapa Harus Investasi Reksadana

Reksadana adalah investasi di jaman sekarang yang sedang populer karena persyaratan dan cara memulainya yang mudah. Kamu tidak perlu modal yang besar jika ingin memulai investasi reksadana. Kamu cukup tentukan berapa persen dari gaji bulananmu yang ingin diinvestasikan. Dan dengan reksadana, kamu bebas menentukan berapa bujet investasi bulananmu. Selain itu, ada beberapa alasan kenapa harus investasi reksadana, yaitu di bawah ini:

Memiliki Manajer Investasi

Reksadana sebenarnya disarankan untuk para investor pemula karena jenis investasi ini mempunyai manajer investasi. Maksudnya adalah seseorang yang membantu mengelola uang kamu dan memutarkannya ke pasar saham. Dengan adanya manager ini maka kamu tidak perlu memikirkan cara memutarkan uang untuk mendapatkan keuntungan. Cukup menyisihkan beberapa persen dari penghasilanmu melalui aplikasi reksadana.

Dana untuk Masa Depan

Tidak peduli berapa lama perencanaan investasi yang ingin kamu lakukan, kamu tidak akan kehilangan nilai uang investasi di masa depan. Seperti itulah keuntungannya bila melakukan investasi reksadana dan alasannya kenapa harus memilihnya. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan keuntungan di dalamnya. Demikianlah beberapa penjelasan mengenai kenapa investasi reksadana serta keuntungan yang bisa kamu peroleh.

Info penting lainnya:


Apa komentarmu?