Biaya Kuliah UNJ Tahun Ajaran 2016/2017

biaya kuliah unj

Biaya Kuliah UNJ 2016-2017 (Sumber gambar: mapio.net)

Biaya kuliah UNJ ditetapkan dengan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) sejak tahun ajaran 2012/2013. Dengan begitu, semua mahasiswa baru, baik itu yang berasal dari SNMPTN, SBMPTN maupun PENMABA bisa dibebankan biaya kuliah yang sama.

Sebelum mengetahui biaya kuliah UNJ tahun 2016-2017, ada baiknya kita paham apa itu UKT dan sistemnya melalui penjelasan berikut ini:

 

Apa itu UKT?

UKT (Uang Kuliah Tunggal) adalah sistem yang diimplementasi oleh pemerintah melalui Surat Edaran Dirjen Dikti No.97/E/KU/2013. Di dalam surat tersebut, pemerintah meminta seluruh Perguruan Tinggi Negeri menghapus uang pangkal bagi mahasiswa reguler dan menjalankan Uang Kuliah Tunggal sebagai gantinya.

Artinya, mahasiswa dari jalur SNMPTN, SBMPTN atau seleksi reguler lain akan dibebankan biaya kuliah yang sama setiap semesternya dan dibebaskan dari pungutan lainnya. Di UNJ, mahasiswa jalur mandiri (PENMABA) juga diikutsertakan dalam sistem UKT.

Perhitungan biaya kuliah dengan sistem UKT cukup simpel. Pihak universitas cukup menjumlahkan biaya perkuliahan untuk sebuah progam studi, lalu membaginya dengan masa waktu normal perkuliahan (delapan semester). Dari rumusan tersebut, dapat diketahui biaya yang harus dikeluarkan mahasiswa tiap semesternya.

 

Kelompok biaya di UKT

Besaran biaya kuliah dengan sistem UKT terbagi menjadi delapan kelompok. Biaya kuliah termurah ada di kelompok satu, sebesar Rp500.000 sedangkan yang termahal adalah kelompok delapan, besarnya tergantung program studi.

Pembagian kelompok ini bertujuan untuk menyesuaikan biaya kuliah mahasiswa sesuai dengan kondisi ekonominya. Seorang mahasiswa dapat saja dibebankan UKT kelompok satu jika memenuhi kriteria tidak mampu, dan begitupun sebaliknya, UKT kelompok delapan dapat dibebankan ke mahasiswa yang dinilai mampu secara ekonomi.

 

Cara menentukan biaya UKT

Penentuan kelompok UKT dilakukan oleh pihak universitas berdasarkan data yang diberikan mahasiswa. Namun, hasil keputusan universitas dapat disanggah oleh pihak mahasiswa jika dinilai tidak sesuai.

Berikut adalah data-data umum yang perlu disiapkan mahasiswa kepada universitas untuk menentukan biaya UKT:

  • Data pribadi calon mahasiswa.
  • Data pribadi orangtua/wali dan keterangan pendapatan.
  • Data kepemilikan rumah, kendaraan dan tagihan listrik.

 

Di UNJ, proses penentuan UKT dilakukan secara online melalui siukat.unj.ac.id dengan Panduan Verifikasi UKT yang ditentukan oleh UNJ.

 

Biaya kuliah UNJ Periode 2016/2017

Biaya kuliah UNJ setelah adanya sistem UKT dapat diunduh dalam bentuk dokumen PDF atau dilihat melalui tabel di bawah ini.

 

 

Butuh informasi seperti ini? Daftarkan email kamu agar mendapat konten serupa melalui formulir berikut:

Daftarkan email kamu di bawah ini:

Info penting lainnya:


45 Responses

  1. Alda says:

    Kalau penghasilan orang tua dibawah Rp5 juta itu masuk kelompok berapa dalam pembayaran UKT nya?

    • Editor Kampus UNJ Editor Kampus UNJ says:

      Penentuan kelompok UKT dilakukan oleh UNJ secara langsung berdasarkan pendapatan orangtua dan faktor lainnya. Bila melihat prosedur dari Verifikasi SNMPTN, selain pendapatan orangtua, UKT juga ditentukan berdasarkan data kepemilikan kendaraan dan tagihan listrik. Jika nantinya keputusan UNJ tidak sesuai, kamu bisa menyanggah keputusannya.

      • Angel says:

        Min, coba main-main ke Pustikom lantai 2. Disana ada para developer canggih yang menyusun rumus sedemikian rupa sehingga penentuan UKT berdasarkan beberapa faktor, bukan cuma faktor penghasilan orang tua aja. Ngerjain rumus khusus itu berbulan-bulan karena memikirkan banyak faktor external juga. Main-main deh min. Kalo mimin bilang nggak ada patokan atau rumus khusus, kayaknya mimin perlu piknik.

      • Pak ank saya lulusan thn 2015 lulusan SMK 57 ragunan jakarta jurusan karawitan…dia kepengen bgt msk UNJ kerja saya skrng tukang ojek.ank 5 pak…gmn agar saya dpt mendaftarkan ank saya….dgn kemampuan saya krn ank sya 3 besar pak….

        • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

          Halo Pak Bambang. Pendaftaran mahasiswa baru UNJ dilakukan melalui SNMPTN, SBMPTN dan PENMABA yang dilakukan tiap pertengahan tahun. Saat ini UNJ dan perguruan tinggi negeri lainnya telah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Seperti yang dijelaskan di atas, dengan sistem UKT, maka biaya kuliah tiap mahasiswa ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua/wali. Bukan tidak mungkin, biaya kuliah di UNJ menjadi lebih murah lagi jika calon mahasiswa mendapatkan bantuan beasiswa, seperti Kartu Jakarta Pintar atau beasiswa prestasi lainnya.

  2. Monika says:

    Bila lolos melalui seleksi penmaba apakah dibebankan uang pangkal? Terimakasih

  3. suli says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mohon informasinya. Untuk biaya S3 manajemen pendidikan biaya masuk dan semesterannya berapa ya?

  4. Farhan says:

    Min biaya pendaftaran penmaba berapa min ??

  5. Aziz says:

    Min, misalkan yg lulusan dari SMK Tenkik, untuk biaya pendaftarn berapa min? Mohon kejelasan

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Biaya pendaftaran untuk SNMPTN, SBMPTN dan PENMABA berbeda-beda. Untuk biaya pendaftaran PENMABA (Jalur Mandiri), dapat dilihat pada kampusunj.com/pendaftaran-penmaba-unj-2016/

  6. Novan says:

    Min, mau tanya untuk S1 reguler sore ada gak ya di UNJ….?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Tidak ada. Namun, bukan tidak mungkin ada jadwal perkuliahan S1 reguler di sore hari karena kesepakatan dosen dan mahasiswa.

  7. Imma says:

    Min, kalo mau lihat hasilnya kita masuk golongan apa dimana ya? Seharusnya kemaren hasilnya keluar. Tapi di siukatnya g ada apa apa. Tulisannya pendaftaran telah ditutup. Saya masuk lewat jalur sbmptn. Makasih.

  8. lestari says:

    Min klo penmaba jurusan ilmu kedokteran biaya pendaftaran brp dan biaya uang pangkal nya brp???

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      UNJ tidak memiliki program studi ilmu kedokteran. Tidak ada biaya uang pangkal untuk seluruh jalur seleksi mahasiswa baru.

      Silakan lihat daftar program studi UNJ di kampusunj.com/universitas-negeri-jakarta/

  9. ateph says:

    Min unj itu PTS apa PTN sih ?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Seperti namanya, UNJ (Universitas Negeri Jakarta) adalah PTN. Informasi lengkap tentang UNJ dapat dilihat di kampusunj.com/universitas-negeri-jakarta/

  10. Raka says:

    min, cara menyanggah keputusan ukt dari pihak unj nya bagaimana min?

  11. Anggi says:

    Numpng tnya saya karyawan saya mau kuliah di unj ikut kelas kryawan kira” biayanya berapa ya trus cara daftar nya gmna maaf orang awam:)

  12. pak saya mau ngambil s1 tapi klas karyawan bisa gak pak …

    cara pendaftarannya gimna buat tahun 2017 ?

    dan kapan pembukaannya ….

    Thaks

  13. sallsa says:

    Min mau tanya skarang ini kan saya lulusan tahun 2017, daftar penmaba itu mulai nya tanggal berapa ya ? Trus masih di kenakan biaya kuliah atau tidak ?

  14. rio kurniawan says:

    pak kalo jurusan pariwisata itu waktu kuliahnya jam berapa saja ya ?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Jadwal kuliah dapat berbeda tiap semester, tergantung dosen dan keputusan universitas. Umumnya, kelas reguler dimulai sejak pagi-siang hari.

  15. Rosinta Septiani Putri says:

    Min saya mau daftar kuliah kira-kira gimana ya prosesnya?

  16. Admin Mau Tanya Boleh ?? .. Andaikan Ada Nilai Kosong Diraport Satu saja/ NIlai dibawah RAta2 Kelas Apakah Bisa Masuk UNJ?

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Selama masih memenuhi syarat seleksi mahasiswa baru UNJ, maka tidak ada masalah. Setiap jalur seleksi seperti SNMPTN, SBMPTN dan PENMABA memiliki syarat berbeda-beda.

  17. dwi says:

    Min unj ada kuliah sabtu minggu ga? Makasih

    • Editor KampusUNJ.com Editor KampusUNJ.com says:

      Seperti universitas negeri lainnya, UNJ tidak memiliki jadwal kuliah di akhir pekan. Namun, bukan tidak mungkin dosen dan mahasiswa sepakat melakukan kegiatan perkuliahan di akhir pekan.

  18. dedehtavin says:

    Min mau nanya kalo misalnya orang tua sudah meninggal menentukan ukt nya gimana ya??

  19. hendra says:

    Apakah di unj menerima kelas karyawan

  1. 28/06/2016

    […] Biaya kuliah di UNJ dapat dilihat pada tabel Uang Kuliah Tunggal 2016/2017. […]

  2. 10/08/2016

    […] Tidak ada uang pangkal di PENMABA jalur mandiri. Parameter penentuan UKT PENMABA jalur mandiri bisa dilihat di http://kampusunj.com/biaya-kuliah-unj-2016/ […]

  3. 01/10/2016

    […] besar universitas negeri sudah menggunakan sistem pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan sistem UKT, biaya perkuliahan yang dibebankan kepada mahasiswa disesuaikan dengan […]

Apa komentarmu?