Contoh Kata Pengantar Skripsi, Makalah & Lainnya

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar

Bingung mau nulis apa untuk kata pengantar?

Tak perlu khawatir, di artikel ini, kamu bisa melihat berbagai contoh kata pengantar, dalam Bahasa Indonesia ataupun Inggris.

Bukan cuma contohnya saja, kamu juga bisa pelajari struktur umum kata pengantar, fungsi dan tips membuat kata pengantar formal. Selain itu, kamu juga bisa download berbagai contoh dalam bentuk doc.

 

Struktur Kata Pengantar

Seperti surat lamaran kerja, lebih baik kita tidak sekadar copy-paste, ada baiknya kita ketahui struktur kata pengantar yang umum digunakan. Setidaknya ada enam hal yang ditulis di dalam kata pengantar:

  1. Ucapan rasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Judul dokumen
  3. Tujuan penulisan dokumen
  4. Topik pembahasan di dalam dokumen
  5. Ucapan terima kasih kepada pihak yang terlibat
  6. Tempat, tanggal, nama lengkap penulis

Struktur di atas bukanlah hal yang wajib ada di kata pengantar. Namun, secara umum di dokumen formal, enam hal di atas adalah yang sering ditulis.

 

Contoh kata pengantar skripsi

Segala puji bagi Tuhan YME yang tiada pernah berhenti mencurahkan rahmatdan kasih sayang-Nya kepada semesta alam. Dengan kemudahan dan pertolongan Tuhan YME, akhirnya penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Hubungan Posisi Ergonomi Kerja Terhadap Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Profesi Dokter Gigi di Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia”.Dalam pemyusunan skripsi ini, penulis menyadari akan keterbatasan, kemampuan, dan pengetahuan penulis dalam penyusunannya. Namun kesulitan tersebut dapat dibantu oleh beberapa pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan berupa tenaga dan pikiran. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada yang terhormat:

  1. Ibu Siti Halimah sebagai pembimbing di Rumah Sakit Umum Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.
  2. Seluruh Mahasiswa Eksekutif Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia angkatan 2008.

Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa dalam penyusunan skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan, walaupun penulis telah berusaha dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan guna penyempurnaan penyusunan dan penulisan skripsi ini.

Penulis berharap agar skripsi ini bermanfaat dan dapat memperluas serta menambah pengetahuan bagi kita semua.

 

Jakarta, April 2012

Penulis

 

Contoh kata pengantar makalah

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat serta kasih-Nya, atas anugerah hidup serta kesehatan yang telah saya terima, dan petunjuk-Nya sehingga memberikan kemampuan serta kemudahan bagi saya di penyusunan makalah ini.Di makalah ini saya selaku penyusun hanya sebatas ilmu yang bisa saya sajikan dengan topik “Rancang Bangun Ruang”. Di mana topik tersebut ada beberapa hal yang bisa kita pelajari khususnya pengetahuan tentang bagaimana merancang sebuah rancang bangun dan beberapa komponen dasar pendukungnya.

Saya menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan serta pemahaman saya tentang Rancang Bangun Ruang, menjadikan keterbatasan saya juga untuk memberikan penjabaran yang lebih mendalam tentang masalah ini, kiranya mohon dimaklumi apabila masih terdapat banyak kekurangan serta kesalahan pada penyusunan makalah ini. Harapan saya, semoga makalah ini membawa manfaat bagi kita, setidaknya untuk sekedar membuka cakrawala berpikir kita tentang bagaimana merancang bangunan di kehidupan kita.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Ishak, ST selaku Dosen Analisa serta Desain Sistem, atas bimbingan serta dukungannya, dan untuk teman-teman atas kerjasamanya.

 

Bandung, 20 September 2015

Penulis

 

Contoh kata pengantar laporan kerja

Laporan ini disusun berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis & Supervisi Sertifikasi Benih/Bibit dalam wilayah kerja Balai Perbenihan Tanaman Hutan Sulawesi dengan dukungan anggaran dari Daftar Isian Penggunaan Anggaran BSA 052 Balai Perbenihan Tanaman Hutan Kalimantan Tahun Anggaran 2015.Penyusunan laporan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang hasil pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis & Supervisi Sertifikasi Benih/Bibit sebagai bahan masukan dan evaluasi kegiatan .

Kepada semua pihak yang telah membantu hingga tersusunnya laporan ini diucapkan terima kasih. Semoga laporan ini dapat bermanfaat kepada kita semua khususnya dalam upaya pengembangan perbenihan.

 

Samarinda, Agustus 2015

Kepala Balai,

Joko Hermawan

 

Contoh kata pengantar Bahasa Inggris

This thesis is the result of my three years of studying at the University of Indonesia. When I moved to the Jakarta in November 2007 I did not predict I would follow the program of European Studies as of September, following year. Thanks to motivation and interest in this academic area, I made it till the end. At the moment I am looking forward to the graduation and I am looking into the future with the same light of motivation and confidence, as four years ago.The road leading to the colloquium was all but easy. There were hardships and struggles, times of resignation and lack of confidence. Nevertheless, I will always remember this period as one full of joy, laughter and solid friendships. Yet most of all, the time at the University of Indonesia will be marked with hard work rewarded with decent results, not only regarding the studying, but also regarding shaping of the personality. In the three years of involvement in the academic circles in Jakarta, I have become a more committed and reliable person, with appreciation for the value of somebody else’s work. Personally, the fact that I could, that I was able to write this paper, shows the stride against myself, my weaknesses, as well as the battle for adulthood which I reckon, was won.

All the effort put into this Bachelor Assignment would not be enough, if I did not have the support of my loving family and friends around me. Therefore, I would like to thank my mother, Siti Halimah, for being strict when I needed it and her priceless advice and support she was always ready to give. This support would not be complete without the helping hand of Alhamdi Wijaya, who did not hesitate to help me with any difficulties I encountered. My friends made sure I had the necessary distraction during the process of research and always came up with handy ideas.

Thereby I would like to close one chapter of my life and open up a different one, hopefully as interesting and rewarding as the four years of studying at the University of Indonesia.

 

Jakarta, 12 December 2010

Writer

 

Download contoh kata pengantar

Butuh contoh yang bisa di-edit langsung di Microsoft Word? Silakan pilih dan download contoh kata pengantar sesuai kebutuhan:

 

Fungsi kata pengantar

Kata pengantar berfungsi sebagai media penulis menyampaikan pesan pribadi kepada pembaca. Umumnya, kata pengantar berisi ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan dokumen.

 

Istilah kata pengantar dalam Bahasa Inggris

Kata pengantar dalam Bahasa Inggris disebut dengan foreword atau preface. Arti kedua istilah tersebut menurut tesaurus Bahasa Inggris adalah:

Foreword – a short introductory statement in a published work, as a book, especially when written by someone other than the author.

Preface – a preliminary statement in a book by the book’s author or editor, setting forth its purpose and scope, expressing acknowledgment of assistance from others, etc.

 

Tips menulis kata pengantar

Sudah melihat berbagai contoh tapi masih bingung harus mulai dari mana? Mungkin tips berikut ini dapat membantumu:

1. Usahakan tetap formal dan pakai kata baku

Walaupun tidak ada aturan baku dalam menulis kata pengantar, usahakan kita menuliskan kata pengantar secara formal dan memakai kata baku. Apalagi, jika kata pengantar tersebut ditulis dalam dokumen formal seperti skripsi atau laporan kerja. Dengan tampil formal dan baku, kita sebagai penulis tetap tampak profesional di mata pembaca.

 

2. Tidak bertele-tele

Tidak perlu berpanjang lebar dalam menulis kata pengantar, walaupun sebenarnya fungsi kata pengantar sebagai media ekspresi penulis. Sebab, kata pengantar bukanlah konten utama dari keseluruhan dokumen. Selain itu, tujuan pembaca adalah memahami konten utama dokumen, bukan kata pengantar yang kita tulis.

 

3. Tulis hal yang kamu pelajari selama proses kerja

Agar tampak profesional, kita bisa mengisi kata pengantar dengan berbagai hal yang kita pelajari selama proses pembuatan dokumen. Dengan begitu, pembaca juga dapat memperkirakan seberapa besar manfaat dari dokumen yang sedang mereka baca.

 

4. Tulis harapan dan rencana di masa depan

Tidak ada salahnya juga menuliskan rencana kita selanjutnya setelah menyelesaikan dokumen terkait. Dengan begitu, pembaca tetap dapat mengikuti ‘karya’ kita selanjutnya atau proyek kerja kita selanjutnya.

 

Semoga artikel ini dapat membantumu menulis kata pengantar secara profesional.


You may also like...

1 Response

  1. 19/11/2016

    […] terima kasih, kendala dan harapan penulis selama pembuatan. Jika masih bingung, silakan lihat cara membuat kata pengantar beserta contohnya yang bisa […]

Apa komentarmu?