Contoh Makalah & Cara Membuatnya Yang Benar

contoh makalah

contoh makalah

Deadline di depan mata tapi makalah belum juga selesai?

Jika itu yang sedang terjadi padamu, artikel ini bisa jadi solusi. Bukan cuma cara membuat makalah, kamu juga akan dijelaskan struktur dan contoh makalah yang baik di sini.

Sebelumnya, mari kita pelajari definisinya dan perbedaan makalah dengan karya ilmiah, paper dan jurnal.

 

Apa itu makalah?

Makalah adalah karya tulis yang bersifat resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan yang sering disusun untuk diterbitkan. (Kamus Besar Bahasa Indonesia 2001)

 

Perbedaan makalah, karya ilmiah, paper dan jurnal

Dari segi bahasa, istilah makalah, karya ilmiah dan jurnal, ketiganya merupakan istilah di Bahasa Indonesia, sedangkan paper merupakan istilah Bahasa Inggris.

Istilah paper dalam Bahasa Inggris, sama dengan esai, tesis atau laporan riset ilmiah. Dengan begitu, berdasarkan funginya, istilah paper serupa dengan makalah,

Karya ilmiah sendiri merupakan jenis dokumen yang dapat berupa makalah, esai, tesis atau skripsi.

Berbeda dengan jurnal. Dari KBBI, istilah jurnal memiliki definisi majalah yang khusus memuat artikel dalam satu bidang ilmu tertentu.

Kesimpulannya, karya ilmiah merupakan payung istilah dari makalah, esai, tesis, skripsi dan laporan riset ilmiah (paper) lainnya. Dan jurnal adalah dokumen yang merangkum beberapa karya ilmiah menjadi satu.

 

Contoh makalah

Tidak ada salahnya kita pelajari makalah hasil buatan orang lain. Berikut contoh makalah yang dikerjakan mulai dari murid sekolah dasar hingga universitas:

 

Jenis makalah

Setidaknya ada tiga jenis makalah yang dibedakan berdasarkan cara pengerjaan dan tata bahasa yang digunakan:

1. Makalah induktif

Makalah induktif menyajikan laporan berdasarkan data sekunder; seperti buku, tesis atau kajian teoriritis lainnya. Jenis makalah induktif umumnya sering dilakukan oleh murid sekolah.

 

2. Makalah deduktif

Makalah deduktif menyajikan laporan berdasarkan data primer; seperti hasil voting, survei atau data lapangan lainnya. Jenis makalah deduktif lebih sering dilakukan oleh murid di tingkat universitas.

 

3. Makalah campuran

Sesuai namanya, makalah campuran dibuat berdasarkan data gabungan antara primer dan sekunder. Penggabungan data dilakukan dengan tujuan menemukan hasil laporan yang valid. Jenis makalah campuran lebih sering diberikan di jenjang pendidikan tinggi.

 

Struktur makalah

Struktur makalah pada umumnya memiliki delapan bagian:

  1. Sampul depan
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Pendahuluan: BAB I
  5. Pembahasan: BAB II
  6. Penutup: BAB III
  7. Daftar pustaka
  8. Lampiran

 

Sampul depan

Halaman sampul depan makalah serupa dengan skripsi dan karya ilmiah lainnya. Setidaknya ada empat unsur yang tercantum di halaman depan:

  1. Judul makalah
  2. Logo universitas, sekolah atau institusi
  3. Nama penulis makalah
  4. Fakultas, jurusan, kelas atau divisi kerja beserta tahun kerja

 

Berikut contoh sampul depan makalah yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Indonesia.

contoh cover makalah

contoh cover makalah.

Kata pengantar

Kata pengantar dapat diisi dengan ucapan terima kasih, kendala dan harapan penulis selama pembuatan. Jika masih bingung, silakan lihat cara membuat kata pengantar beserta contohnya yang bisa diunduh.

 

Daftar isi

Cara membuat daftar isi pada makalah serupa dengan dokumen-dokumen lainnya.

 

Pendahuluan: BAB I

Bagian pendahuluan makalah, umumnya berisi tiga informasi:

  1. Latar belakang
  2. Rumusan masalah
  3. Maksud dan tujuan

Tiga elemen di atas merupakan elemen umum yang juga terdapat pada skripsi atau tesis.

 

Pembahasan: BAB II

Inilah bagian utama dari makalah yang biasanya juga terpanjang ketimbang bagian lainnya. Di bagian pembahasan ini, metodologi, proses analisa serta hasil penelitian dijelaskan.

 

Penutup: BAB III

Bagian penutup berisi kesimpulan penelitan. Selain itu, penulis juga dapat memberi saran atau hal yang bisa diperbaiki/ditingkatkan berdasarkan hasil penelitiannya.

 

Daftar pustaka

Daftar pustaka berisi seluruh daftar referensi teori dan data yang digunakan pada penelitian. Cara penulisan daftar pustaka makalah sama seperti skripsi yang menggunakan kaidah-kaidah tertentu.

 

Berikut beberapa contoh daftar pustaka:

  • Irfan, A. Et Al, 2013. “Pengaruh Adverse Selection Terhadap Hubungan Antara Rigid Thinking Dan Tingkat Eskalasi Komitmen Dalam Pengambilan Keputusan”. Simposim Nasional Akuntansi Xvi Manado.
  • Said, T. 2002. “Rigidity And Mental Health: Challenging The View That Rigid Thinking Leads To Poor Mental Health”. Department Of Psychology University Of Wollongong.
  • Gudono And Hartadi. 1998. “Apakah Teori Prospek Tepat Untuk Kasus Indonesia?:Sebuah Replikasi Penelitian Tversky Dan Kahneman”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 1: 29-42.

 

Lampiran

Halaman lampiran tidak wajib ada di setiap makalah. Halaman lampiran dapat kita buat jika terdapat data penunjang yang dipakai namun tidak tercantum di dalam makalah. Misalnya, foto penelitian, formulir survei dan lain-lain.

 

Semua contoh makalah dan teorinya sudah kita pelajari. Jika kamu terbantu dengan tulisan ini, tidak ada salahnya share artikel ini ke media sosial, agar orang lain pun terbantu.

Info penting lainnya:


Apa komentarmu?