Lowongan Kerja Freelance/Part Time Untuk Mahasiswa

lowongan kerja freelance

Lowongan Kerja Freelance Bagi Mahasiswa Yang Berniat Bayar Kuliah Sendiri.

Ada dua cara untuk bisa bayar kuliah sendiri sehingga orangtua tidak lagi terbebani, yaitu dengan mencari kerja sampingan dan membuat usaha sampingan.

Dari perspektif risiko, kerja sampingan atau freelance relatif aman ketimbang membuka bisnis sendiri.

Walau sebenarnya, ada banyak peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa dimanfaatkan, tetapi memulai bisnis relatif butuh waktu lebih untuk bisa menikmati keuntungannya.

Jika kamu berniat bisa membiayai kuliah tanpa bantuan orangtua, berikut adalah lima lowongan kerja freelance yang dapat membantumu mewujudkan niat baik tersebut:

 

1. Mengajar privat melalui Ruangguru.com

Situs ini bagaikan pasar online yang mempertemukan murid dengan para guru dari berbagai mata pelajaran. Salah satu guru privat di Ruangguru bisa mendapat penghasilan hingga Rp10 juta per bulan.

Semua orang yang telah memiliki pengalaman mengajar minimal setahun bisa mendaftarkan diri ke Ruangguru. Persyaratannya mudah, cukup melakukan pendaftaran online, mengirim Curriculum Vitae, mengikuti seleksi online dan tahap wawancara serta microteaching (Khusus guru di Jakarta).

Tertarik mengajar freelance secara privat? Segera lakukan pendaftaran di Ruangguru.

 

2. Bekerja magang di perusahaan online

Ketimbang perusahaan konvensional seperti bank, kementerian dan sejenisnya, perusahaan seperti bukalapak.com atau traveloka.com sering kali memiliki lowongan magang untuk mahasiswa.

Keuntungan melamar ke perusahaan online, kita dapat melihat posisi kerja yang tersedia di halaman karirnya masing-masing. Selain itu, proses melamarnya pun bisa melalui email sehingga tidak perlu mengirimkan dokumen lewat pos.

Berminat kerja freelance di perusahaan online? Cek lowongan magang di Bukalapak dan Traveloka.

 

3. Kerja sampingan sebagai driver Go-jek

Jangan sepelekan profesi tukang ojek online ini. Sebab, penghasilan bulanannya bisa setara dengan karyawan kantoran. Perbedaannya, kita bisa mengatur jam kerja sendiri dan berkesempatan bertemu banyak orang yang dapat memberi pengalaman berbeda.

Abdurrahman, mahasiswa UNJ, bekerja freelance sebagai driver Go-Jek

Abdurrahman, mahasiswa UNJ, bekerja freelance sebagai driver Go-Jek. (Sumber foto: BBC Indonesia)

Seperti kisah Abdurrahman, mahasiswa UNJ angkatan 2013 Jurusan Ekonomi SDM yang kerja freelance sebagai pengendara Go-jek. Kisah tentang dirinya sempat diliput oleh BBC Indonesia setelah sebelumnya viral di Facebook hingga di-share lebih dari 17.000 kali.

 

4. Menawarkan jasa kerja freelance di Sribulancer.com

Kerja freelance zaman sekarang jauh lebih mudah berkat adanya internet. Kini, semua orang bisa menawarkan jasanya sebagai freelancer di Sribulancer.com

Serupa dengan Ruangguru, situs Sribulancer mempertemukan para freelancer dengan para pemberi kerja. Namun, berbeda dengan situs lowongan kerja lainnya, Sribulancer hanya berisi lowongan dan para pekerja yang sifatnya freelance. Selain itu, kita dapat membangun reputasi sebagai freelancer di dalamnya.

Berbagai jenis pekerjaan freelance bisa ditemukan di Sribulancer. Soal upah, kita dapat mengetahuinya langsung di deskripsi pekerjaan, sehingga tidak perlu buang waktu negosiasi dengan pemberi pekerjaan.

Ingin menjadi freelancer handal? Segera bangun reputasimu di Sribulancer.

 

5. Mencari lowongan kerja freelance di StudentJob.co.id

Situs StudentJob juga berisi berbagai lowongan kerja freelance, plus informasi pekerjaan yang sifatnya volunteer. Selain itu, juga terdapat informasi beasiswa dan fasilitas forum bagi pengguna.

Bedanya dengan Sribulancer, lowongan di StudentJob umumnya berasal dari perusahaan besar yang memang mencari fresh graduate atau mahasiswa magang. Perbedaan lainnya, tidak terdapat fasilitas untuk membangun reputasi sebagai freelancer.

Cari perusahaan yang terima karyawan magang? Lihat lowongan magang terbaru di StudentJob.

 

Selamat bekerja dan semoga sukses!

 

Suka dengan tulisan seperti ini? Dapatkan lebih banyak, dengan cara berlangganan gratis konten KampusUNJ.com melalui formulir berikut:

Daftarkan email kamu di bawah ini:

Info penting lainnya:


2 Responses

  1. daftar harga sepatu safety murah says:

    terima kasih telah berbagi berita Mas, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, jadi tambah wawasan.. semoga selalu di beri kesehatan dan sukses selalu..

  1. 13/11/2016

    […] Menjadi pengemudi ojek kini bukan lagi hal remeh, karena pendapatannya bisa melebihi gaji pegawai kantoran. Syarat kerja profesi ini pun relatif mudah dan tidak terikat jam kerja. Salah satu mahasiswa UNJ, Abdurrahman, pun tidak segan menjadi pengemudi ojek. […]

Apa komentarmu?