33 Usaha Sampingan Cepat Untung Untuk Siapa Saja

33 Ide Usaha Sampingan Simpel & Cepat Untung

Usaha Sampingan Simpel & Cepat Untung

Butuh gaji tambahan buat nyicil rumah atau bayar kuliah? Punya usaha sampingan solusinya.

Apalagi saat gaji sebagai karyawan tidak cukup membiayai kebutuhan, maka mau tidak mau harus punya usaha sampingan.

Untungnya, di zaman internet sekarang, uang bukanlah kunci memulai bisnis. Namun juga, jangan dianggap mudah, apalagi jika belum paham trik menjaga bisnis agar tetap berjalan.

 

Agar usaha sampingan tidak gagal

Lakukan empat hal ini agar usaha sampingan bertahan lama dan tetap menguntungkan:

1. Mencatat kas pengeluaran dan potensi pendapatan

Walau cuma sampingan, jangan sepelekan persoalan arus kas uang. Sebab, kebanyakan usaha gagal karena kehabisan uang. Oleh karena itu, penting untuk membuat laporan keuangan, sehingga kita bisa tahu kondisi keuangan saat ini dan potensi pendapatan di masa depan.

 

2. Memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis

Jika berniat membesarkan usaha yang kita punya, maka wajib untuk memisahkan keuangannya dengan pengeluaran pribadi. Tujuannya, agar kita tahu perkembangan usaha yang sebenarnya.

 

3. Mencari peluang di saat bisnis merugi

Salah satu kunci sukses bisnis adalah pantang menyerah. Namun, jangan sekedar pantang menyerah untuk melakukan hal yang sama terus-menerus, kita mesti selalu mencari peluang saat bisnis tidak menguntungkan.

 

4. Memiliki perbedaan usaha dibanding para kompetitor

Dengan selalu mencari peluang, maka kita akan menemukan pembeda antara usaha kita dengan kompetitor. Mengapa harus beda? Agar kita bisa menetapkan harga sendiri tanpa terjebak kondisi persaingan usaha.

 

 

Ide usaha sampingan

Kini tinggal menentukan bisnis apa yang akan dilakukan. Berikut 33 ide usaha sampingan dan pekerjaan paruh waktu (freelance) yang telah dikategorikan berdasarkan tingkat kesulitannya:

1. Jasa mengasuh anak (babysitting)

Usaha sampingan ini relatif mudah, terutama untuk mengasuh anak di atas tiga tahun, yang relatif sudah tak bergantung pada orangtuanya. Kita dapat memulai memberi layanan pada tetangga sekitar atau orang-orang yang kita kenal. Sistem pembayaran dapat dilakukan secara per jam atau harian.

Tingkat kesulitan: Rendah.

 

2. Menjual kaos lewat internet

Ada situs bernama Tees.co.id yang memungkinkan kita menjual kaos, topi, tas hingga gelas hanya dengan upload gambar buatan sendiri. Kita tidak perlu repot memasarkan kaos yang dibuat, karena tiap desain yang dibuat otomatis masuk ke pasar online Tees.co.id. Jika ada pembeli, kita akan mendapat uang dari sistem bagi hasil.

Tingkat kesulitan: Rendah.

 

3. Jasa pengetikan

Mahasiswa dan pegawai kantoran masih butuh jasa pengetikan. Biaya pengetikan dapat dihitung berdasarkan jumlah karakter atau halaman yang diketik. Jika harus mengetik dalam Bahasa Inggris, gunakan Grammarly untuk mengoreksi grammar yang salah.

Tingkat kesulitan: Rendah.

 

4. Penyewaan buku

Membuka penyewaan buku kuliah atau buku anak-anak memiliki prospek bagus, karena tidak semua orang mampu beli buku kuliah dan jumlah perpustakaan masih relatif sedikit. Selain itu, kita pun turut meningkatkan kemauan membaca pada masyarakat.

Tingkat kesulitan: Rendah.

 

5. Menjual barang dengan sistem reseller

Modal yang dibutuhkan relatif sedikit. Bahkan beberapa reseller mulai bisnis tanpa modal sama sekali. Seorang reseller cukup menghubungi supplier untuk mengirim barang ke pembeli. Para supplier mudah ditemukan di situs seperti Bukalapak.com.

Tingkat kesulitan: Rendah.

 

6. Jasa penitipan hewan

Jasa penitipan hewan peliharaan relatif lebih sulit ketimbang usaha babysitting, karena umumnya hewan dititipkan lebih dari sehari, terutama di musim liburan. Selain itu, kita butuh memiliki ruang khusus untuk menjaga hewan tersebut. Walaupun begitu, uang yang didapat dari jasa penitipan hewan pun relatif lebih banyak ketimbang babysitting.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

7. Melayani pemesanan tiket dan hotel

Walau saat ini pesan tiket pesawat atau hotel lebih murah lewat situs seperti pegipegi.com, bisnis travel agent secara offline tetap diminati. Itu disebabkan masih banyak orang yang gaptek internet. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menjual tiket dan hotel sedikit lebih mahal dari harga yang tertera di website.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

promo-garuda

 

8. Menjual asesoris wanita

Tidak ada salahnya coba membuat asesoris untuk wanita, misalnya gelang, kalung atau bando. Siapa tahu, usaha sampingan ini bisa sukses seperti Youniq yang terkenal di kalangan wanita muda. Modalnya relatif kecil walau dibutuhkan ide kreatif yang cukup sulit.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

9. Menjual pulsa & paket data

Terdengar sepele, tapi bila ditekuni, potensi untung bisnis jual pulsa lebih besar dari gaji karyawan biasa. Buktinya, saat ini Indomaret/Alfamart ikut jualan pulsa. Bahkan perusahaan online pun mulai berjualan pulsa.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

10. Menjual foto melalui internet

Jika suka memotret, foto karyamu bisa dijual lewat internet dan dibayar dengan dollar Amerika. Caranya, dengan upload ke situs jual/beli foto seperti 500px.com. Selain jual/beli, kita juga bisa mendapat banyak inspirasi dari foto-foto yang di-upload orang lain ke 500px.com.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

11. Berdagang motor/mobil bekas

Menjadi makelar barang bekas adalah salah satu model bisnis yang telah ada sejak lama. Semua orang bisa melakukannya. Bahkan, dengan adanya internet, kita lebih mudah mendapatkan pembeli. Kunci sukses bisnis ini adalah kepercayaan dan komitmen terhadap perjanjian jual/beli.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

12. Membuka warung kopi

Kopi semakin trendi di kalangan anak muda, sehingga prospek untung bisnis warung kopi semakin tinggi. Apalagi jika warung kopi didesain sesuai gaya zaman sekarang, maka kita bisa meraup untung lebih tinggi, walaupun itu artinya modal yang dibutuhkan pun makin besar.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

13. Menjual pakaian bekas

Membeli pakaian bekas tidak sepenuhnya memalukan. Buktinya, pedagang pakaian bekas di Pasar Senen tetap ada sejak bertahun-tahun lalu hingga sekarang. Artinya, pakaian bekas tetap dicari oleh pembeli. Hanya saja, agar dagangan laku, kita mesti pintar memilih desain dan bentuk pakaian bekas yang sesuai tren zaman sekarang.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

14. Bekerja paruh waktu sebagai pelayan kafe

Semakin banyaknya tempat ngopi seperti Starbucks membuat persepsi terhadap profesi pelayan kafe atau barista semakin positif. Syarat menjalani profesi ini pun relatif mudah, walau akan menjadi nilai tambah jika kita telah memiliki pengetahuan seputar kopi atau menu khas yang disajikan.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

15. Menjadi jurnalis amatir

Di zaman internet, kantor berita seperti Kompas, Metrotv, dll belum tentu bisa menyajikan berita secara cepat. Di sinilah muncul peluang usaha menjadi jurnalis amatir yang mendapat uang dari menyalurkan materi berita. Contohnya, kita bisa mendapat uang dari NET.TV jika video yang di-upload ke netcj.co.id masuk ke salah satu program TV mereka.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

16. Menjadi pramuniaga (sales promotion girl/boy)

Ini termasuk pekerjaan mudah namun memiliki syarat relatif sulit, karena umumnya para pramuniaga dituntut memiliki penampilan menarik dan fisik prima. Seorang pramuniaga biasanya dibayar berdasarkan jam kerja atau harian.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

17. Berjualan mainan baru dan bekas

Percaya tidak, harga sebuah mainan bisa melebihi harga handphone? Ini terjadi pada mainan langka yang diincar oleh para kolektor mainan. Contohnya mainan balok merek Lego. Jika kita memang hobi bermain Lego, maka tidak ada salahnya mulai berburu Lego langka untuk dijual kembali. Contohnya, seperti yang dilakukan Popitoi.com.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

18. Menjadi pengemudi ojek online

Menjadi pengemudi ojek kini bukan lagi hal remeh, karena pendapatannya bisa melebihi gaji pegawai kantoran. Syarat kerja profesi ini pun relatif mudah dan tidak terikat jam kerja. Salah satu mahasiswa UNJ, Abdurrahman, pun tidak segan menjadi pengemudi ojek.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

19. Memberikan les privat

Tidak ada salahnya juga menjadi guru privat sebagai usaha sampingan. Apalagi, saat ini kita tidak perlu repot mencari murid, karena ada situs Ruangguru.com yang membantu kita mencarikan murid. Dengan sistem bagi hasil, kita pun bisa menghitung prospek keuntungan dari waktu ke waktu.

Tingkat kesulitan: Sedang.

 

20. Menjadi agen asuransi

Profesi agen asuransi memang bisa dilakukan secara paruh waktu (freelance), tapi membutuhkan keterampilan dan ketelitian. Seorang agen asuransi dituntut teliti karena akan mengurusi berbagai dokumen dan terampil karena akan sering berkomunikasi dengan orang lain. Namun, itu semua sesuai dengan besar komisi yang akan diterima.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

21. Menjadi agen pemasaran umroh dan haji

Menjadi agen pemasaran umroh dan haji serupa dengan agen asuransi. Perbedaannya, konsumen umroh dan haji lebih mudah dicari dan jumlahnya cenderung meningkat tiap tahunnya. Selain menjadi usaha sampingan, bagi sebagian orang, profesi ini mungkin juga dapat membantu diri menjadi lebih religius.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

22. Membuka layanan cuci baju (laundry)

Setidaknya ada dua model bisnis layanan cuci baju: memiliki mesin cuci dan menjalankan cuci baju sendiri, atau menjadi reseller jasa laundry. Model bisnis kedua tentu lebih simpel dan modal yang dibutuhkan lebih kecil. Dengan menjadi reseller laundry, kita hanya butuh mengantar/mengambil cucian konsumen dari supplier.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

23. Menjual sarapan

Idenya bisnis ini simpel, namun butuh keterampilan dan waktu yang cukup lama. Sebab, untuk berjualan sarapan, kita mesti meluangkan waktu memasak setidaknya sejak subuh. Untuk tempat jualan, kita bisa mulai dengan cara berkeliling, misalnya sembari berangkat ke tempat kerja.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

24. Menjadi blogger

Seorang blogger bisa mendapatkan uang dengan memasang iklan di blognya atau menuliskan artikel advertorial untuk perusahaan. Di Indonesia, belum banyak orang yang bekerja penuh waktu sebagai blogger. Namun, di luar negeri, sudah banyak orang yang hidup sebagai blogger, salah satu yang terkenal adalah Darren Rowse.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

25. Membuka toko online

Serupa dengan menjadi seorang reseller. Bedanya, memiliki toko online artinya memiliki stok dan mengirim barang langsung dari gudang kita ke pembeli. Keuntungannya, kita tidak membagi keuntungan dengan supplier, sehingga potensi pendapatan yang didapat lebih tinggi.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

26. Membuka jasa cuci motor atau mobil

Jasa cuci motor atau mobil tergolong punya kesulitan tinggi karena membutuhkan tempat dan alat bantu yang relatif mahal. Namun, prospek bisnis ini termasuk masih tinggi terutama di kota besar, dengan melihat semakin banyaknya pengguna motor dan mobil.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

27. Membuka jasa desain grafis

Karena semakin mudahnya membuka usaha sampingan, maka semakin banyak orang yang butuh jasa desain grafis; membuat spanduk, brosur atau logo bisnis. Jika kita punya kemampuan desain grafis, maka ini adalah peluang bisnis yang bagus, karena bisa mulai dikerjakan dari rumah dan seorang diri.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

28. Membuka jasa menjahit pakaian

Profesi penjahit pakaian semakin sulit ditemukan, setidaknya di kota besar, sehingga kebutuhan terhadap profesi ini semakin tinggi. Jika kita punya keahlian menjahit, maka peluang ini bisa dimanfaatkan. Selain itu, kita juga bisa memproduksi pakaian atau asesoris wanita dan menjualnya lewat internet.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

29. Membuka jasa penerjemah

Profesi ini cukup banyak dicari oleh kalangan mahasiswa, misalnya untuk menerjemahkan skripsi atau tugas kuliah. Kita bisa menawarkan jasa ini lewat situs Sribulancer.com dan memasang tarif sesuai kemauan. Bukan cuma jasa penerjemah, kita bisa menawarkan jasa lainnya di Sribulancer.com.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

30. Berjualan kue dan gorengan

Semua orang tentu menyukai kue dan gorengan. Dua makanan ini bisa dengan mudah kita temui dari sekolah hingga kantin perkantoran. Oleh karena itu, berjualan kue dan gorengan punya prospek bisnis yang bagus. Kita bisa menitipkan barang dagangan di warung-warung dan menerapkan sistem bagi hasil.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

31. Menjadi agen properti

Agen properti adalah salah satu profesi yang menawarkan pendapatan tidak terhingga dan bisa dikerjakan dari mana saja. Karena adanya sistem komisi, maka semakin banyak properti yang kita jual maka semakin banyak uang yang diterima.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

32. Membuka jasa perakitan komputer

Walaupun laptop semakin murah, tapi komputer desktop masih diminati, sehingga jasa perakitan komputer masih berprospek bagus. Selain perakitan, jasa reparasi komputer pun banyak dibutuhkan. Jika kita punya kemampuan ini, tidak ada salahnya mulai bisnis jasa ini.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

33. Membuka jasa foto pra pernikahan (prewedding)

Sejalan dengan ide bisnis menjual foto lewat internet, kita juga bisa menawarkan diri menjadi fotografer pra pernikahan. Jasa foto ini bisa dilakukan di akhir pekan dan potensi keuntungannya tak terbatas, karena kita sendiri yang menentukan tarifnya.

Tingkat kesulitan: Tinggi.

 

Bagaimana, sudah tahu mau usaha apa? Jika punya ide usaha sampingan yang lain, tulis di kolom komentar, siapa tahu ide tersebut dapat membantu pembaca lainnya.

 

Info penting lainnya:


Apa komentarmu?