19 Youtube Channel Edukatif di Indonesia & Luar Negeri

Youtube Channel Edukatif di Indonesia & Luar Negeri

Youtube Channel Edukatif di Indonesia & Luar Negeri

Youtube channel edukatif di Indonesia jumlahnya banyak.

Namun memang sulit mencari channel sejenis itu, karena video Youtube edukatif di Indonesia kalah populer dengan vlog para artis Youtube.

Walaupun begitu bukan berarti konten edukatif kurang laku, buktinya channel edukatif bahasa Inggris seperti Vsauce bisa punya lebih dari 11 juta subscriber!

Kalau di Indonesia, salah satu Youtube channel edukatif yang terkenal, Kok Bisa?, videonya sudah ditonton lebih dari 28 juta kali!

Apa saja kanal Youtube edukatif di Indonesia dan luar negeri? Berikut daftarnya yang diurutkan dari yang terlama hingga terbaru:

 

Youtube channel edukatif Indonesia

Setidaknya ada 9 kanal Youtube berbahasa Indonesia yang menyajikan konten edukatif secara menarik:

1. SmarterIndo

SmarterIndo fokus membuat konten mata pelajaran fisika dan kimia untuk pelajar SMA. Selain itu, SmarterIndo juga membahas makanan tiap Jumat dan tema menarik di luar mata pelajaran sekolah selama akhir pekan. SmarterIndo dikelola oleh Daryl Ariawan, seorang wanita lulusan jurusan nanotechnology di Universitas New South Wales, Australia.

Youtube channel: SmarterIndo

 

 

2. Yufid EDU

Yufid EDU (dikenal juga dengan Yufid.EDU) menyajikan konten pelajaran matematika, fisika, kimia, bahasa Arab, huruf Hijaiyah, Iqro dan agama Islam. Ada beberapa pengajar yang mengisi konten Yufid EDU, tetapi untuk pelajaran matematika, kita akan diajarkan oleh Andy Octavian Latief, peraih medali emas olimpiade fisika tingkat internasional tahun 2006.

Youtube channel: Yufid EDU

 

 

3. Kelas Pagi

Kelas Pagi awalnya adalah sekolah gratis fotografi dibuat sejak 2006 oleh seorang fotografer terkenal bernama Anton Ismael. Dinamakan Kelas Pagi karena kelasnya dimulai mulai pukul 6­–11 pagi. Kini, materi di Kelas Pagi juga dapat dinikmati dengan cara penyajian menarik di Youtube.

Youtube channel: Kelas Pagi

 

 

4. Kok Bisa?

Kok Bisa? merupakan salah satu Youtube channel edukatif Indonesia terpopuler. Kok Bisa? menyajikan video setiap Rabu, yang menjawab berbagai pertanyaan sehari-hari dari berbagai topik. Misalnya, kenapa wanita gampang marah saat PMS, apa yang terjadi jika manusia musnah dari bumi, kenapa rupiah melemah. hingga pertanyaan kenapa manusia suka selfie.

Youtube channel: Kok Bisa?

 

 

5. Sains Bro

Sains Bro menyajikan konten edukatif yang membahas kejadian sehari-hari atau fenomena aneh dari sisi sains. Yang menarik, Sains Bro menampilkan video proses pembuatan ilustrasi dari topik yang sedang dibahas. Salah satu pertanyaan yang dijawab Sains Bro: mengapa kucing menoleh saat dipanggil ‘pus’ hingga mengapa warna api berbeda-beda.

Youtube channel: Sains Bro

 

 

6. Hujan Tanda Tanya

Hujan Tanda Tanya membahas secara ringan berbagai pertanyaan atau pemikiran acak seputar sains, teknologi dan sosial. Misalnya, pertanyaan kenapa orang cerdas pun bisa termakan hoax, hingga topik di mana penontonnya duduk jika dunia ini panggung sandiwara.

Youtube channel: Hujan Tanda Tanya

 

 

7. Kamu Harus Tahu!

Kamu Harus Tahu! adalah Youtube channel edukatif yang akan memberikan informasi umum dalam bentuk animasi dua dimensi. Contohnya, pembahasan sejarah kopi, apakah game membuat pintar, sejarah nama Indonesia, hingga solusi mengatasi bahaya rokok.

Youtube channel: Kamu Harus Tahu!

 

 

8. Ayo Mikir

Ayo Mikir fokus dalam pembahasan ilmu pengetahuan mulai dari psikologi hingga astronomi. Salah satu topik yang menarik yaitu pembahasan rasa air kencing, bumi bulat atau datar, hingga solusi jika rokok naik jadi 50 ribu rupiah.

Youtube channel: Ayo Mikir

 

 

9. MakinPandai

MakinPandai adalah Youtube channel Indonesia yang juga menyajikan pengetahuan umum, sains dan teknologi. Misalnya, pembahasan tentang deep web, kenapa jendela pesawat berbentuk oval, hingga pertanyaan apakah sebaiknya lari atau berjalan pelan saat hujan.

Youtube channel: MakinPandai

 

 

Youtube channel edukatif luar negeri

Ada ratusan atau mungkin ribuan Youtube channel edukatif di luar negeri, berikut adalah 10 rekomendasinya yang cukup terkenal dan menarik:

1. MicBergsma

MicBergsma adalah Youtube channel berbahasa inggris yang berisi tips, panduan dan ulasan produk serta asesoris GoPro. Channel edukatif ini dikelola oleh seorang pria tunarungu, sehingga semua videonya telah disertai dengan subtitle bahasa Inggris.

Youtube channel: MicBergsma

 

 

2. SmarterEveryDay

SmarterEveryDay menyajikan video tentang ilmu pengetahuan alam dari perspektif seorang pria bernama Destin Sandlin. Topik pembahasannya menarik dan videonya tidak membosankan. Salah satu topik videonya adalah: The backwards brain cycle.

Youtube channel: SmarterEveryDay

 

 

3. Film Riot

Film Riot adalah Youtube channel yang membahas tips, trik, panduan dan ulasan cara membuat film dengan teknik-teknik Holywood. Dipandu oleh Ryan Connolly beserta adik dan teman-temannya, channel edukatif ini dikemas secara menarik dan tidak membosankan.

Youtube channel: Film Riot

 

 

4. Tom Scott

Tom Scott adalah nama channel sekaligus nama sang pengelolanya. Fokusnya adalah membuat video Youtube dengan topik hal-hal yang jarang diketahui orang. Misalnya, membahas sebuah tempat di mana melarang adanya sinyal WIFI, sebuah kota mati di Amerika, hingga tentang mesin pencetak besi tiga dimensi.

Youtube channel: Tom Scott

 

 

5. Vsauce

Vsauce dibuat oleh Michael Stevens, dan menyajikan video yang menjawab pertanyaan aneh, secara ilmiah. Misalnya, siapa yang memiliki bulan, apakah sejarah benar-benar terjadi, hingga pertanyaan tentang apa yang terjadi jika semua orang lompat secara bersamaan.

Youtube channel: Vsauce

 

 

6. ColdFusion

ColdFusion (sebelumnya dikenal dengan nama ColdfusTion), menyajikan fakta menarik dari sejarah hingga perusahaan terbaik dunia. Seluruh videonya dikemas secara menarik dan relaxing. Salah satu pembahasannya: kisah tentang mantan CEO Apple yang membuat smartphone sendiri, hingga fakta bahwa Samsung memiliki divisi militer.

Youtube channel: ColdFusion

 

 

7. engineerguy

Engineerguy adalah Youtube channel edukatif yang dikelola oleh Bill Hammack, seorang professor di Universitas Illinois. Sesuai namanya, channel ini menyajikan berbagai pembahasan yang berkaitan dengan ilmu teknik. Misalnya, mekanisme dibalik mainan Nerf Gun atau cara kerja mesin kopi.

Youtube channel: engineerguy

 

 

8. CGP Grey

CGP Grey merupakan sebuah Youtube channel yang membahas berbagai topik, seperti politik, geografi, sosial, psikologi dan lainnya. Salah satu videonya yang terkenal adalah tentang solusinya mengatasi kemacetan di jalan. Seluruh videonya ditampilkan menggunakan animasi dua dimensi dengan seorang karakter animasi yang merepresentasi sang pemilik channel.

Youtube channel: CGP Grey

 

 

9. Nerdwriter1

Nerdwriter1 (atau The Nerdwriter) menampilkan berbagai video esai tentang fenomena sosial atau politik yang terjadi di dunia. Salah satu topik menarik di videonya adalah tentang apa yang tidak banyak orang lihat dari seorang Casey Neistat, atau soal membedah cara Donald Trump menjawab pertanyaan.

Youtube channel: Nerdwriter1

 

 

10. funfunfunction

Funfunfunction adalah sebuah Youtube channel dari seorang programmer bernama Mattias Petter Johansson. Saat ini, dia bekerja sebagai front-end developer di Spotify. Di channel-nya, dia menyajikan video bertopik Bahasa pemograman tetapi dengan cara yang menyenangkan.

Youtube channel: funfunfunction

 

 

Itulah daftar Youtube channel inspiratif nan edukatif dari Indonesia dan luar negeri.

Share artikel ini jika menurutmu semua channel ini harus lebih terkenal ketimbang para vlogger.

Butuh lebih banyak informasi edukatif? Daftarkan email-mu untuk menjadi pembaca VIP lewat formulir berikut:

Daftarkan email kamu di bawah ini:

You may also like...

Apa komentarmu?